Masuk Salah Satu Negara Muslim Terbesar Dunia, India Malah Larang Sekolah Islam
Reuters/Vinod Babu
Dunia

Assam, salah satu negara bagian India berencana menutup ratusan madrasah dalam beberapa bulan kedepan. Padahal India dikenal sebagai salah satu negara muslim terbesar dunia.

WowKeren - Kabar mengejutkan datang dari Assam, negara bagian India. Negara yang dipimpin oleh partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata Party (BJP) ini mengesahkan undang-undang kontroversial dengan melarang sekolah Islam beroperasi di wilayahnya.

Keputusan ini tentu sangat mengejutkan, mengingat India termasuk dalam salah satu negara Muslim terbesar dunia. Bahkan menurut data yang dicatat dalam lembaga survei Pew Research Center dari Amerika Serikat, India berpotensi menjadi negara dengan penduduk Muslim terbanyak pada tahun 2050.

Kendati demikian, status tersebut tak melemahkan niat Assam untuk menutup berbagai sekolah Islam. Mereka beralasan bahwa sekolah Islam menyediakan pendidikan di bawah standar dan harus ditutup sesegera mungkin. Jika sesuai dengan rencana, mereka akan menutup lebih dari 700 sekolah agama yang biasa disebut madrasah pada bulan April mendatang.


Sebagai gantinya, pemerintah setempat berencana untuk mengubah madrasah menjadi sekolah biasa dengan harapan dapat menciptakan lulusan yang lebih siap menghadapi tantangan dunia. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pendidikan Himanta Biswa Sarma.

"Kami membutuhkan lebih banyak dokter, petugas polisi, birokrat, dan guru dari komunitas Muslim minoritas daripada imam masjid," tutur Sarma dilansir dari Reuters pada Rabu (6/1).

Karena cukup kontroversial, langkah ini menuai kritikan dari pihak oposisi. Mereka menuding pemerintah secara terang-terangan menunjukkan sikap anti-Muslim. "Idenya adalah untuk memusnahkan Muslim," kecam seorang anggota parlemen dari Partai Kongres Wajed Ali Choudhury.

Sementara itu, India beberapa kali terjerat isu diskriminasi komunitas Muslim. Umat Islam di sana kerap dipinggirkan di berbagai bidang termasuk pekerjaan, perumahan, pendidikan, perawatan kesehatan hingga berbagai layanan dasar lainnya. Akibatnya, ada banyak Muslim India yang sulit meraih kesuksesan di negara tersebut.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait