Bingung Percantik Ruangan Usai Renovasi? 7 Aplikasi Desain Rumah Ini Bisa Jadi Sumber Inspirasi
Tekno

Mendesain rumah bisa menjadi hal yang seru. Kamu tak akan kehabisan ide bagaimana menata rumah yang baik karena ada banyak aplikasi yang bisa dijadikan sumber inspirasi.

WowKeren - Percaya atau tidak, penataan rumah bisa mempengaruhi suasana hati penghuninya. Mulai dari perabot, pemilihan bahan furnitur, hingga pemilihan warna untuk cat dinding.

Karena alasan inilah tak jarang orang menyempatkan waktu untuk melakukan renovasi pada rumah mereka. Selain renovasi, memperbaiki tata letak perabotan maupun mengecat kembali dinding ruang tamu juga kerap dilakukan untuk mengganti suasana.

Mendesain rumah bisa menjadi hal yang seru. Kamu tak akan kehabisan ide bagaimana menata rumah yang baik karena ada banyak aplikasi yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan. Tak perlu menyewa jasa seorang desainer interior yang bisa jadi cukup menguras kantong, kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi berikut.

(wk/zodi)

1. Home Design 3D


Home Design 3D

Aplikasi pertama yang bisa kamu coba adalah Home Design 3D. Disebut-sebut sebagai aplikasi desain rumah terbaik, kamu bisa mendekor hingga mengisi perabot ruangan virtual melalui aplikasi ini.

Seperti namanya, aplikasi ini menyajikan tampilan tiga dimensi sehingga akan membuatmu lebih mudah membayangkan bagaimana jadinya jika diaplikasikan ke kehidupan nyata. Dengan aplikasi ini, kamu tak hanya bisa mendekor bagian dalam rumah namun juga kolam renang maupun taman yang ada di luarnya.

2. Houzz Interior Design Ideas


Houzz Interior Design Ideas

Selanjutnya, kamu juga bisa memasang aplikasi Houzz Interior Design Ideas di ponselmu sesudah merenovasi rumah. Aplikasi ini menyediakan jutaan foto yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan untuk menata kamar dan ruangan lainnya.

Menariknya lagi, kamu bisa mendapatkan saran atau rekomendasi dari para ahli desain untuk mendapatkan penataan yang terbaik pada ruangan. Houzz Interior Design Ideas juga memungkinkanmu untuk membeli furnitur dan perabot lainnya secara online yang sesuai dengan desain ruangan.

3. Floor Plan Creator


Floor Plan Creator

Salah satu masalah yang kerap dihadapi adalah luas rumah yang terbatas sehingga perlu memutar otak untuk bisa membuatnya tetap nyaman ditempati. Jika ini persoalan yang kamu hadapi, Floor Plan Creator bisa kamu jadikan sebagai solusi.

Aplikasi ini menyajikan tampilan 2D dan 3D untuk membantumu melakukan penataan ruang bahkan dengan luas lahan rumah yang terbatas sekalipun. Di sini, kamu juga bisa merancang dekorasi untuk rumah bertingkat.

4. Magicplan


Magicplan

Jika masih kurang puas, kamu bisa mencoba Magicplan. Aplikasi ini akan membantumu dengan memanfaatkan metode scan. Jadi, kamu tinggal mengambil gambar kondisi ruanganmu dengan kamera ponsel. Lalu aplikasi ini akan menjalankan fungsinya untuk mereka-reka gambar ke dalam rencana desain.

Dari analisa yang dilakukan oleh aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan estimasi mengenai berapa biaya yang diperlukan untuk merenovasi, mulai dari memasang perabot yang diperlukan hingga biaya pengecatan. Ada 1.000 pilihan item yang bisa kamu masukkan dalam perencanaan ruang.

5. Homestyler


Homestyler

Homestyler merupakan aplikasi desain rumah yang menyuguhkan tampilan tiga dimensi. Melalui aplikasi ini, kamu tak hanya bisa mendapatkan inspirasi namun juga masukan dan feedback dari orang-orang.

Jika kamu ragu apakah furnitur yang akan kamu beli akan cocok atau tidak dengan desain ruangan, Homestyler bisa memvisualisasinya. Kamu hanya perlu mengekilk gambar di ruangan dan mulai menciptakan warna atau dekorasi sesuai yang kamu inginkan.

6. Planner 5D


Planner 5D

Aplikasi ini menyuguhkan tampilan desain rumah dalam bentuk 2D dan 3D. Kamu bisa melihat bagaimana dekorasi ruanganmu akan terlihat dari segala penjuru sisi.

Tak hanya itu, Planner 5D juga menyajikan 5.000 item yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk menata ruang tamu, dapur, hingga kamar tidur. Planner 5D juga membantumu mencari inspirasi warna dinding dan lantai.

7. Dekoruma: Furnitur & Dekorasi


Dekoruma: Furnitur & Dekorasi

Selain membantumu menyusun dekorasi interior, Dekoruma: Furnitur & Dekorasi juga menyediakan layanan untuk pembelian furnitur. Aplikasi ini menawarkan 100.000 produk pilihan yang bisa kamu jadikan sebagai opsi untuk mempercantik ruangan.

Meski pada umumnya penataan ruangan rumah dilakukan oleh desainer interior yang memiliki kemampuan khusus, namun bukan berarti orang awam tidak bisa melakukannya, bukan? Dengan aplikasi-aplikasi di atas kamu bisa mendapatkan berbagai inspirasi untuk menata ruangan kamar, ruang tamu, hingga ruang makan sedemikian rupa sesuai ekspektasi.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh bagaimana mendekorasi ruang tamu minimalis agar lebih nyaman, bisa membaca tipsnya di sini. Intip juga artikel ini untuk mendapatkan tips bagaimana menjadikan ruangan sempit agar tetap nyaman ditempati.

You can share this post!

Related Posts