Lama Menghilang, Pendiri Alibaba Jack Ma Akhirnya Dikabarkan Muncul
Dunia

Pendiri Alibaba Jack Ma dilaporkan mengadakan pertemuan virtual dengan ratusan guru di pedesaan Tiongkok. Hal ini menyusul kabar menghilangnya sang konglomerat sejak akhir 2020.

WowKeren - Jack Ma sempat membuat geger dunia lantaran begitu lama menghilang. Banyak yang kemudian mengaitkan hilangnya sang pendiri Alibaba dengan kritik yang pernah dilemparkan Ma kepada pemerintah Tiongkok.

Namun kekinian sepertinya mulai ada "hilal" soal keberadaan Ma. Salah satu orang terkaya di Tiongkok ini dikabarkan muncul ketika Beijing disebutkan akan menasionalisasikan Alibaba dan Ant Group.

Media yang didukung Beijing, Tianmu News, melaporkan bahwa Jack Ma melakukan pertemuan secara virtual dengan guru. "Ia bertemu dengan 100 guru di perdesaan Tiongkok melalui konferensi video," terang kantor berita tersebut, dilansir dari Reuters, Rabu (20/1).

Isu nasionalisasi Alibaba dan Ant Group memang mencuat beberapa waktu belakangan. Pemerintah Tiongkok berencana melanjutkan penyelidikan soal dugaan monopoli yang disebut-sebut dilakukan oleh kedua raksasa teknologi itu.

"Pasti akan ada hasil. Sekarang mereka telah memulai penyelidikan," ungkap Song Qing selaku sumber internal di bidang industri keuangan digital menyampaikan kepada Radio Free Asia, dilansir IB Times, Jumat (8/1). "Ini mungkin datang (perintah) dari level tertinggi."


"Beberapa minggu lalu, mereka menetapkan rencana untuk menasionalisasi Ant Group dan Alibaba. Waktunya disengaja," imbuh Song Qing. "Semua rencana itu datang dari pimpinan pusat."

Perintah ini pun disebut-sebut masih terkait dengan kritikan yang dilayangkan Jack Ma di acara Band Summit di Shanghai pada akhir Oktober 2020 kemarin. Kala itu Ma menyebut Beijing sudah menghambat inovasi khususnya dalam bidang keuangan.

Perintah nasionalisasi Alibaba dan Ant Group ini pun dinilai sebagai bentuk pelajaran atas kritikan Jack Ma. "Nasionalisasi ini pasti terjadi, dan (penyelidikan antimonopoli) kemungkinan akan mempercepat proses itu," imbuh Song Qing.

Di sisi lain, menghilangnya Jack Ma memang memicu berbagai spekulasi. Apalagi Ma menghilang tak lama setelah pemerintah pusat Tiongkok menunjukkan reaksi negatif menyusul kritikan Jack Ma, bahkan sampai memanggilnya awal November 2020 lalu.

Kendati demikian, pimpinan firma ekuitas swasta Primavera Group Fred Hu percaya Jack Ma dalam kondisi aman dan sehat. "Dia tetap menjadi contoh abadi dari wirusaha sukses," tegas Hu, Rabu (13/1) pekan lalu.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts