Kondisi Aung San Suu Kyi di Tahanan Akhirnya Terungkap Pasca Kudeta Myanmar
Dunia

Militer Myanmar telah melakukan kudeta dan menangkap Aung San Suu Kyi. Nasib masih tidak jelas, seorang pejabat senior akhirnya membeberkan kondisi Aung San Suu Kyi di tahanan.

WowKeren - Myanmar tengah menjadi sorotan dunia setelah adanya aksi kudeta yang dilakukan militer di negara tersebut. Dalam kudeta itu, militer telah menahan pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi hingga Presiden Win Myint.

Kondisi Aung San Suu Kyi saat ini juga masih simpang siur dalam penahanan. Seorang pejabat senior dari partai Aung Suu Kyi Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) akhirnya membeberkan nasib Suu Kyi sekarang masih baik-baik saja.

Dilansir dari Reuters, Suu Kyi bersama sejumlah pejabat lainnya telah ditahan dalam satu tempat. Namun, mereka masih belum ada tanda-tanda akan dipindahkan dari tahanan itu.

”Tidak ada rencana untuk memindahkan Daw Aung San Suu Kyi dan Dokter Myo Aung,” kata anggota komite informasi pusat NLD Kyi Toe dalam sebuah postingan di Facebook seperti dikutip dari Reuters, Rabu (3/2). “Diketahui bahwa mereka dalam keadaan sehat.”


Namun sejak memberikan pernyataan itu, Kyi Toe tidak bisa dihubungi untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Ia juga tidak menjelaskan dari mana informasi mengenai kondisi Suu Kyi itu didapatkan.

NLD sendiri terus mendesak agar militer segera membebaskan Suu Kyi dan pejabat lainnya. Partai itu menganggap aksi kudeta tersebut merupakan "noda" kelam dalam sejarah militer Myanmar.

Tak hanya itu, NLD juga menuntut militer Myanmar untuk menerima hasil pemilihan umum pada November lalu. Diketahui pemilihan umum di Myanmar pada 2020 lalu memang dimenangkan secara telah oleh partai dari Suu Kyi.

Sebagai informasi, kudeta di Myanmar terjadi lantaran militer menganggap pemilu berlangsung curang. Setelah melakukan kudeta, militer menyatakan kekuasaan pemerintahan Myanmar akan diserahkan kepada Panglima Militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru