Buntut Kerusuhan Capitol, Pendukung Trump 'Proud Boys' Masuk Daftar Teroris
Reuters/Maranie Staab
Dunia
Rusuh Massa Trump Duduki Capitol

Pemerintah Kanada memasukkan kelompok sayap kanan Proud Boys ke dalam daftar teroris. Kelompok ini dinilai memainkan peran penting dalam serangan di Capitol Hill di AS bulan Januari lalu.

WowKeren - Kelompok pendukung mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bernama Proud Boys dimasukkan ke dalam daftar teroris oleh Kanada. Pasalnya, pemerintah Kanada menganggap kelompok Proud Boys menimbulkan ancaman keamanan dan memainkan peran penting dalam serangan di Capitol Hill, Amerika Serikat bulan lalu.

Menteri Keamanan Publik Kanada, Bill Blain mengatakan bahwa keberadaan pasukan intelijen domestik kian mengkhawatirkan Proud Boys. Kendati kelompok ini tidak pernah melancarkan serangan di Kanada.

"Tetapi terjadi peningkatan kekerasan yang serius dan memprihatikan-buhan hanya retorika tetapi aktivitas dan perencanaan-dan itulah mengapa kami menanggapi seperti yang kami lakukan hari ini," kata Blain dalam konferensi pers. Blain tidak memberikan rincian lebih lanjut alasan memasukkan Proud Boys ke dalam daftar kelompok teroris.


Dikutip dari Reuters, keputusan ini membuat aset kelompok Proud Boys dapat dibekukan oleh bank dan lembaga keuangan. Siapa pun yang terlibat dalam kelompok tersebut bisa dilarang memasuki Kanada. Pendiri Group Boys, Gavin McInnes merupakan warga Kanada yang menetap Amerika Serikat.

Sebelumnya, Pemerintah AS telah mendakwa beberapa anggota Proud Boys terkait dengan serangan di Capitol Hill. Selain Proud Boys, Kanada juga memasukkan 12 kelompok lain ke dalam daftar teroris, tiga kelompok neo-Nazi, delapan organisasi yang disebut terafiliasi dengan Al Qaeda dan Daesh (ISIS), serta Hizbul Muhaideen.

Blair mengatakan bahwa badan intelijen Kanada selama beberapa bulan terakhir telah mempelajari kasus selama bertahun-tahun dan mengumpulkan bukti untuk memasukkan kelompok teresbut. "Kanada tidak aakn mentolerir tindakan kekerasan ideologis, agama ,atau bermotif politik," ungkapnya.

Sekedar informasi, Proud Boys didirikan pada 2016 yang berawal dari organisasi yang memprotes politik dan isu maskulinitas di As dan Kanada. Namun organisasi ini kemudian tumbuh menjadi kelopok yang merangkul preman jalanan.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts