*/
 
 
Tak Ada yang Tidak Mungkin! Ini 8 Cara Pintar Menabung Walau Gaji Pas-Pasan
https://media.bareksa.com/
Lifestyle

Memiliki tabungan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang. Sebab, kamu tidak akan pernah tahu pasti apa yang akan menjadi kebutuhanmu di masa depan.

WowKeren - Menabung bisa jadi bukan hal yang mudah dilakukan bagi sebagian orang. Tak sedikit dari mereka yang mengeluhkan sulitnya menyisihkan uang lantaran gaji yang diterima pas-pasan. Jangankan menabung, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja gaji sudah habis.

Jika ditelisik lebih jauh, sulitnya menabung bisa jadi bukan karena gaji yang pas-pasan. Sebab, tidak menutup kemungkinan sulitnya menyisihkan uang untuk menabung adalah karena pengaturan finansial yang kurang tepat, misalnya karena gaya hidup yang konsumtif.

Gaya hidup yang terlalu konsumtif memang tidaklah sehat. Padahal, menabung sangat penting untuk membantu memenuhi kebutuhan di masa depan. Sehingga mau tidak mau, aktivitas ini wajib dilakukan. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk bisa menabung walau dengan gaji pas-pasan.

(wk/zodi)

1. Tetapkan Target Pribadi


 Tetapkan Target Pribadi
Rawpixel/Teddy Rawpixel

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah membatasi diri, yakni dengan menetapkan target pribadi. Target yang dimaksud di sini adalah target pengeluaran. Sebelum gaji masuk ke rekening, buatlah rancangan atau estimasi pengeluaran berapa persen yang akan kamu anggarkan dari gaji dan berapa persen yang akan kamu tabung.

Ingat, membuat target juga harus realistis. Jangan terlalu menekan diri sendiri dengan membuat pengeluaran sekecil mungkin. Sebab, hal ini justru bisa membuatmu menghabiskan uang lebih banyak jika estimasi yang dibuat jauh lebih kecil dari kebutuhan yang harus dipenuhi.

2. Miliki 2 Rekening Tabungan


Miliki 2 Rekening Tabungan
Freeimages/Svilen Milev

Selain menetapkan target pribadi, ada baiknya kamu mempunyai dua macam rekening tabungan. Hal ini untuk memudahkanmu sehingga uang untuk pemenuhan kebutuhan tidak akan tercampur dengan uang tabungan.

Jangan ganggu uang tabungan yang ada di rekening sebelah. Sehingga apa pun yang terjadi, misalnya ketika uangmu sudah hampir habis di rekening sebelah dan kamu ingin membeli sesuatu, uang di rekening tabungan tetap aman. Dengan begini, keinginanmu untuk menghamburkan uang akan lebih terkendali.

3. Beli Emas untuk Investasi


Beli Emas untuk Investasi
Unpslash/Sabrinna Ringquist

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar uang gaji tidak melulu habis untuk kegiatan konsumtif adalah dengan berinvestasi. Meskipun sebagian orang memandang investasi penting untuk kebutuhan jangka panjang, namun perhatikan sekali lagi risikonya.

Bagi kamu yang masih pemula, ada baiknya memilih investasi dengan risiko seminim mungkin. Misalnya dengan membeli emas. Harga emas relatif stabil jika memang harganya sedang turun kamu masih bisa menunggu dan memantau sampai harganya kembali merangkak naik jika ingin menjualnya.

4. Pertimbangkan Ulang Fungsi Kartu Kredit


Pertimbangkan Ulang Fungsi Kartu Kredit
Rawpixel/Chanikarn Thongsupa

Sebaiknya kamu memikirkan ulang sebelum memiliki kartu kredit. Jika memang tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya tunda dulu memiliki kartu kredit. Cukup punya kartu ATM saja. Apalagi jika gaji kamu pas-pasan.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika memiliki kartu kredit akan semakin membuat seseorang tergoda untuk berbelanja. Belum lagi ditambah dengan berbagai penawaran menarik yang siap menggoda siapa saja dengan jiwa konsumtif mereka. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum kamu memutuskan untuk memilikinya, ya.

5. Rajin Membuat Catatan Finansial


Rajin Membuat Catatan Finansial

Selain menetapkan target pengeluaran seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga perlu membuat catatan pengeluaran. Setiap kamu mengeluarkan uang catat untuk apa uang tersebut kamu pergunakan. Dengan begitu, kamu bisa tahu ke mana saja uangmu "mengalir".

Pola hidup konsumtif dan menghamburkan uang bisa disebabkan karena pemikiran yang terlalu santai, di mana kamu berpikir kamu masih punya uang untuk kebutuhan nanti. Mencatat pengeluaran bisa menjadi salah satu cara untuk mengontrol pengeluaranmu.

6. Menabung di Awal Bulan


Menabung di Awal Bulan
Shutterstock/Hyejin Kang

Agar semuanya berjalan lancar, maka segera tabung uangmu begitu gaji masuk ke rekening. Jangan menunggu uangmu sisa untuk menabung karena bisa jadi hal ini akan membuat rencana menabung hanya berakhir sebagai wacana.

Inilah kegunaan kamu memiliki dua rekening. Ketika gajimu sudah masuk, segera pindahkan sejumlah uang yang sudah kamu estimasikan untuk ditabung ke rekening tabungan. Dengan cara inilah uangmu bisa "selamat".

7. Sisihkan Dana Darurat


Sisihkan Dana Darurat
Getty Images

Selain anggaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tabungan, kamu juga perlu menyisihkan dana darurat. Memang tidak ada orang yang mengharap musibah datang tetapi kamu tidak tahu kapan akan jatuh sakit, bukan?

Dengan dana darurat kamu bisa menggunakan uang itu untuk berobat sehingga tidak perlu lagi mengganggu tabunganmu. Jika dana darurat ini tidak terpakai maka itu jauh lebih baik karena kamu bisa memasukkannya ke dalam tabungan atau sesekali memanjakan diri.

8. Bedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan


Bedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Sebetulnya tidak sulit membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Yang sulit adalah mengendalikan diri untuk tidak tergoda dengan berbagai penawaran yang menarik seperti diskon. Pikirkan matang-matang sebelum kamu membeli barang yang kamu inginkan.

Jika kemungkinan kamu akan memerlukannya suatu saat nanti, maka tidak ada salahnya kamu membeli. Tetapi jika hanya sebatas rasa ingin memiliki tanpa ada kebutuhan pasti lebih baik tunda dulu.

Itulah beberapa trik agar bisa menabung dengan gaji minim. Memiliki tabungan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang. Sebab, kamu tidak akan pernah tahu pasti apa yang akan menjadi kebutuhanmu di masa depan. Yuk, intip juga tips bijak memakai fitur PayLater agar tidak kebablasan di sini. Simak juga tips menghemat uang agar terhindar dari krisis finansial di artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait