Hindari Krisis, Lakukan 8 Tips Ini Untuk Menghemat Uang di Tengah Wabah Corona
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Tidak sedikit orang yang terdampak secara ekonomi akibat wabah virus Corona. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menghemat keuangan agar bisa menghindari krisis finansial.

WowKeren - Seiring dengan penyebaran virus Corona yang semakin meluas, banyak sekali dampak buruk yang dirasakan oleh masyarakat. Salah satunya adalah dampak ekonomi yang cukup signifikan. Akibat wabah ini, ada banyak orang yang penghasilannya berkurang bahkan harus kehilangan pekerjaannya.

Jika terlalu semborono dalam mengatur keuangan, pengeluaran bisa saja membengkak. Karena itulah kita perlu berhati-hati dalam membelanjakan uang agar dapat melewati krisis ini dengan baik.

Berkaitan dengan masalah tersebut, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips menghemat uang di tengah wabah Corona. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Selalu Jaga Kesehatan, Pengobatan Itu Mahal


Selalu Jaga Kesehatan, Pengobatan Itu Mahal

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah soal kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan tubuh sangat penting dilakukan agar tidak mudah jatuh sakit, karena jika sudah sakit biaya yang harus dikeluarkan bisa menguras dompet hingga buku tabungan.

Oleh karena itu, usahakan untuk rajin berolahraga meski sedang di rumah saja. Konsumsi banyak air putih dan biasakan makan makanan bernutrisi. Dengan begitu, kita bisa mencegah tubuh terserang penyakit agar tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk pengobatan dan biaya rumah sakit.

2. Belanja Kebutuhan Pokok Selama Seminggu


Belanja Kebutuhan Pokok Selama Seminggu

Mengatur budget untuk makanan sangat penting diperhatikan, apalagi di tengah wabah Corona seperti saat ini. Pasalnya salah satu pengeluaran terbesar dalam rumah tangga adalah soal menu makanan, terutama bagi Anda yang jarang masak sendiri di rumah. Karena itulah salah satu cara ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghemat uang belanja bulanan.

Sebaiknya mulai rencanakan dan belanja kebutuhan pokok untuk seminggu dan masak sendiri di rumah. Anda bisa membeli sayur, buah-buahan hingga makanan berprotein yang kira-kira bisa disimpan lama di kulkas. Dengan begitu Anda tak hanya akan menghemat keuangan, tapi juga dapat membatasi interaksi dengan banyak orang karena harus berbelanja setiap hari.

3. Batasi Penggunaan Kartu Kredit


Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit terkadang bisa memberikan kita banyak keuntungan. Mulai dari promo, diskon khusus hingga cashback. Namun jika tidak digunakan dengan bijak kita justru akan mengalami sejumlah masalah. Salah satunya adalah terlilit utang karena perilaku belanja yang tidak terkontrol.

Oleh karena itulah membatasi penggunaan kartu kredit adalah cara tepat lainnya untuk menghemat keuangan. Alih-alih kartu kredit, sebaiknya gunakan uang tunai atau kartu debit untuk setiap transaksi pembelanjaan dan terapkan batasan maksimal. Dengan begitu, keuangan akan lebih terkontrol dan kita bisa terhindar dari krisis keuangan.

4. Bijak dalam Menggunakan Air dan Listrik


Bijak dalam Menggunakan Air dan Listrik

Pemakaian listrik sering sekali disepelekan. Padahal jika bisa menghemat penggunaannya, kita bisa menghemat banyak uang. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik. Misalnya setelah menonton TV, menggunakan charger atau alat pemanas nasi sebaiknya langsung cabut kabelnya. Pasalnya kabel dalam posisi standby juga akan menyedot listrik dan memakan biaya yang tidak sedikit.

Selain listrik, sebaiknya kita juga bijak dalam menggunakan air. Tidak jarang kita membiarkan air mengalir deras sampai terbuang sia-sia selama beberapa waktu. Padahal kebiasaan ini sangat buruk, karena kita harus membayar lebih banyak uang untuk membayar PDAM atau listrik.

5. Sisihkan Uang Untuk Tabungan dan Investasi


Sisihkan Uang Untuk Tabungan dan Investasi

Meski tengah menghadapi krisis, sebaiknya Anda tetap menyisihkan dana untuk tabungan atau investasi. Langkah ini sangat diperlukan agar masa depan Anda lebih terjamin. Sebab Anda juga tidak akan kebingungan jika membutuhkan uang sewaktu-waktu karena terjadi keadaan darurat.

Karena wabah yang terjadi saat ini, tidak ada salahnya untuk menabung sendiri di rumah agar Anda bisa membatasi diri bertemu dengan banyak orang di Bank. Anda bisa menyimpan uang di celengan, sedikit demi sedikit hingga terkumpul banyak suatu hari nanti. Begitu wabah Corona mereda, Anda bisa memindahkannya ke rekening Bank. Cara satu ini juga bisa Anda contohkan pada anak-anak agar mereka terbiasa menabung sejak dini.

6. Jangan Terlalu Sering Jajan di Luar


Jangan Terlalu Sering Jajan di Luar

Selain untuk membatasi diri untuk bertemu dengan banyak orang di tengah wabah Corona, cara ini juga efektif untuk membantu Anda menghemat keuangan. Karena saat jajan di luar, kita bisa saja kalap dan malah menghabiskan banyak uang.

Alih-alih jajan di luar, tak ada salahnya untuk membuat camilan sendiri di rumah. Selain bisa berhemat dan memastikan kebersihannya, membuat camilan sendiri di rumah juga dapat melatih kreativitas kita loh.

7. Catat Setiap Pengeluaran


Catat Setiap Pengeluaran

Demi mengontrol keuangan, usahakan untuk selalu mencatat pengeluaran Anda. Seorang penasihat keuangan David Niggel dari Mitra Key Wealth mengungkapkan bahwa pelacakan pengeluaran telah membuat perbedaan besar dalam arus kas keuangannya selama ini.

Sebab dengan begitu, seseorang bisa mengetahui pengeluaran apa saja yang sekiranya tidak perlu sehingga bisa dihindari di kemudian hari. Sehingga Anda bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

8. Jangan Mudah Tergiur Promo


Jangan Mudah Tergiur Promo

Saat berada di rumah saja, kita mungkin akan lebih sering belanja online. Di saat seperti ini, ada banyak penjual yang memberikan promo atau tawaran cashback yang sangat menggoda. Alhasil, momen di rumah saja yang seharusnya bisa membuat kita lebih hemat malah jadi ajang pemborosan karena sulit menolak tawaran menarik saat berbelanja online.

Oleh karena itulah usahakan untuk tidak mudah tergiur dengan promo. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh melakukannya sama sekali. Tentu saja boleh, tapi usahakan untuk tetap dalam batas wajar dan untuk kebutuhan yang lebih penting saja.

Demikian delapan tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran di tengah wabah Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips belanja di pasar dan setelah kembali ke rumah di tengah wabah Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips aman mengambil uang di ATM agar terhindar dari penyebaran Corona.

You can share this post!

Related Posts