Mudah Dibuat, Ini 8 Camilan Lezat yang Bisa Kamu Bikin Sendiri Saat Di Rumah Aja Karena Wabah Corona
Kuliner
COVID-19 di Indonesia,#dirumahsaja

Berdiam di rumah adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus Corona yang saat ini tengah mewabah. Nah, jika kamu tengah berlibur atau bekerja di rumah, tak ada salahnya untuk membuat camilan lezat ini di dapurmu sendiri.

WowKeren - Wabah Corona di Indonesia semakin hari semakin mengkhawatirkan. Hingga Senin (23/3), jumlah pasien positif COVID-19 telah mencapai 579 orang. Jumlah ini meningkat hingga 65 orang jika dibandingkan dengan hari sebelumnya yang mencapai 514 orang.

Selain anak sekolah yang diimbau untuk belajar di rumah, berbagai perusahaan juga telah menerapkan sistem work from home atau bekerja dari rumah. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini.


Selama beraktivitas di rumah, tak ada salahnya untuk membuat camilan sendiri. Agar bisa lebih hemat, kita juga bisa memastikan kesehatan dan keamanannya.

Tapi apa kamu bingung mau membuat camilan apa di rumah? Tenang, sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa camilan lezat yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Di Rumah Aja Karena Corona? Isi Harimu dengan Seblak, Camilan Lezat yang Mudah Dibuat


Di Rumah Aja Karena Corona? Isi Harimu dengan Seblak, Camilan Lezat yang Mudah Dibuat

Seblak yang dikenal sebagai salah satu jajanan favorit di Bandung telah digemari oleh banyak orang di berbagai daerah. Jika kamu sedang ingin makan seblak tapi enggan keluar karena wabah Corona, kenapa tak membuatnya sendiri saja di rumah? Karena selain mudah dibuat, seblak juga tidak membutuhkan terlalu banyak bahan.

Terlebih dahulu siapkan kerupuk aci, beberapa butir bakso, 1 telur ayam, 1 daun bawang, garam, kaldu bubuk, minyak sayur dan air. Siapkan pula bumbu halus yang terdiri dari cabai rawit, bawang putih serta kencur. Pertama rendam kerupuk dalam air panas sekitar 10 menit atau hingga kenyal sebelum ditiriskan. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan bakso dan kerupuk. Tambahkan telur lalu aduk hingga rata, kemudian masukkan daun bawang, garam serta kaldu bubuk. Terakhir tambahkan air lalu tunggu sampai matang dan bumbu meresap. Setelah itu seblak buatan rumah siap dihidangkan.

2. Jamur Krispi, Camilan Lezat yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Selama Wabah Corona


Jamur Krispi, Camilan Lezat yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Selama Wabah Corona

Salah satu tren camilan saat ini adalah campuran aneka bahan makanan dengan tepung yang digoreng hingga renyah, salah satunya adalah jamur krispi. Panganan satu ini tergolong cukup populer karena rasanya yang lezat dan harganya yang murah. Tapi jika kamu tidak kemana-mana karena wabah Corona, lebih baik membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang perlu kamu siapkan antara lain jamur putih atau jamur tiram, tepung terigu, air putih, garam, merica, bawang putih, minyak goreng dan bumbu perasa (pedas, keju atau barbeque). Cara pembuatannya sangat mudah. Pertama bersihkan dan potong jamur sesuai selera. Setelah itu haluskan bawang putih dan campur dengan air, garam serta merica. Masukkan potongan jamur ke dalam bumbu dan diamkan sekitar 5 menit. Jika sudah, angkat jamur dan tiriskan. Selanjutnya balur jamur dalam tepung terigu dan goreng hingga kecoklatan. Setelah itu jamnur krispi siap dihidangkan.

3. Libur dan Kerja di Rumah Karena Corona? Buat Aja Puding Roti Untuk Camilan


Libur dan Kerja di Rumah Karena Corona? Buat Aja Puding Roti Untuk Camilan

Camilan lezat berikutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah puding roti. Puding ini memiliki sifat mampu mendinginkan hawa panas dalam tubuh, sehingga sangat cocok dinikmati di siang hari yang terik. Jenis camilan ini juga bisa disantap untuk menggantikan karbohidrat, sehingga bisa kamu makan saat sedang lapar-laparnya ketika bekerja dari rumah.

Agar cukup dingin, sebaiknya buat puding ini di malam hari supaya bisa kamu makan dalam keadaan dingin keesokan harinya. Bahan yang diperlukan adalah roti tawar, susu cair, gula pasir, kayu manis bubuk, buah nanas, mentega tawar, kismis dan kacang almond.

Untuk membuatnya pertama siapkan dua piring tahan panas berukuran besar lalu olesi seluruh bagiannya dengan margarin. Setelah itu celupkan roti tawar ke dalam susu cair dan susun lima lembar roti di bagian dasar piring. Jika sudah, taburi dengan kayu manis, gula pasir dan potongan buah nanas hingga merata di seluruh permukaan roti. Tutup masing-masing roti dengan sisa roti tawar lalu taburi dengan kismis dan kacang almond sebelum disiram dengan adonan telur (susu cair, garam dan telur ayam yang dikocok). Setelah itu panggang adonan puding roti di dalam oven yang telah diatur panasnya sekitar 180 derajat celcius selama 40 menit.

4. Kamu Penggemar Garlic Bread? Bikin Sendiri Aja Selama di Rumah Karena Wabah Corona


Kamu Penggemar Garlic Bread? Bikin Sendiri Aja Selama di Rumah Karena Wabah Corona

Camilan berikutnya yang mudah dibuat sendiri di rumah adalah garlic bread. Camilan yang berasal dari Perancis ini berbahan dasar roti yang dipanggang hingga memiliki tekstur yang renyah. Rasa gurih dan asinnya berasal dari olesan mandarin dan bawang putih. Irisan seledri di atasnya membuat panganan satu ini mengeluarkan aroma segar yang menggugah. Karena itulah camilan ini sangat cocok dinikmati dengan sup tomat pedas saat hujan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat camilan satu ini cukup sederhana, yakni roti tawar, margarin, bawang putih dan seledri. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama geprek dan cincang bawang putih lalu aduk jadi satu dengan margarin. Lalu oles campuran itu di permukaan roti tawar dan taburi dengan seledri cincang. Setelah itu oleskan margarin ke loyang dan tata roti tawar di atasnya. Panggang selama 10-15 menit sebelum dinikmati.

5. Wabah Corona Membuatmu Harus Berdiam di Rumah? Buat Pisang Coklat Untuk Camilan Lezat


Wabah Corona Membuatmu Harus Berdiam di Rumah? Buat Pisang Coklat Untuk Camilan Lezat

Salah satu camilan yang dibuat dari pisang adalah pisang cokelat. Camilan ini tergolong cukup populer dan penjualnya selalu ada di hampir setiap daerah. Pisang cokelat sendiri merupakan camilan manis yang dibuat dari pisang namun dibungkus dengan kulit lumpia yang renyah.

Untuk membuat camilan ini, pertama siapkan pisang ambon, kulit lumpia, keju cheddar, meses cokelat dan air matang. Cara pembuatannya sangat mudah. Pertama siapkan 1 buah kulit lumpia lalu beri isian buah pisang, meses, potongan keju dan lipat memanjang. Olesi kedua sisi kulit lumpia dengan air dan di bagian lipatan terakhir agar tidak sampai robek. Setelah itu goreng lumpia ke dalam minyak panas dengan menggunakan api kecil hingga matang. Tiriskan lalu pisang cokelat siap dinikmati.

6. Pastel Mini Isi Abon, Camilan Lezat yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah Selama Wabah Corona


Pastel Mini Isi Abon, Camilan Lezat yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah Selama Wabah Corona

Camilan berikutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah selama wabah Corona adalah pastel mini isi abon. Camilan ini sangat digemari karena memiliki tekstur renyah dengan isi yang lembut dan gurih. Isian abon di dalamnya membuat pastel ini mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Bahan yang diperlukan untuk membuat camilan satu ini tidak begitu banyak yakni tepung terigu, telur ayam, mentega, tepung sagu, garam, air dingin, abon sapi dan minyak goreng.

Untuk membuatnya pertama-tama kamu harus menyiapkan tepung terigu, telur, mentega, sagu dan garam lalu uleni hingga kalis. Setelah itu giling adonan hingga tipis dan cetak dengan lingkaran berdiameter 3-4 cm. Isi tiap adonan dengan abon lalu lipat dengan cara menekan bagian ujungnya dengan diplintir. Jika sudah, goreng pastel mini tersebut ke dalam minyak hingga kecoklatan. Setelah ditiriskan, biarkan dingin sebelum dimasukkan ke toples untuk disajikan.

7. Bingung Ingin Makan Camilan Apa Selama di Rumah Aja? Bikin Cireng Sendiri Saja, Mudah Kok!


Bingung Ingin Makan Camilan Apa Selama di Rumah Aja? Bikin Cireng Sendiri Saja, Mudah Kok!

Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari Sunda yang dibuat dari adonan tepung kanji yang digoreng. Makanan ini sendiri cukup populer di tahun 80-an. Seiring dengan perkembangan zaman, inovasi dari camilan ini sudah semakin berkembang, misalnya menjadi cireng daging ayam, sapi, sosis, bakso hingga keju. Cireng yang dulunya dijual oleh pedagang kaki lima kini juga telah dipasarkan secara online bahkan sampai ke mancanegara.

Bahan yang diperlukan untuk membuat cireng antara lain tepung kanji, tepung terigu, daun bawang yang dirajang, bawang putih yang dihaluskan, tepung kaldu rasa ayam, merica bubuk dan garam. Cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama campur tepung kanji dan tepung tapioka hingga rata. Setelah itu tambahkan daun bawang, seledri, bawang putih, tepung kaldu rasa ayam, merica dan garam. Tuangkan air panas lalu aduk perlahan dan uleni hingga kalis. Kemudian bentuk adonan itu sesuai selera dan goreng cireng ke dalam minyak panas hingga matang. Cireng lezat buatan sendiri siap dihidangkan.

8. Kue Laba-Laba yang Lezat Juga Bisa Kamu Buat Sendiri Agar Tak Jajan di Luar Selama Wabah Corona


Kue Laba-Laba yang Lezat Juga Bisa Kamu Buat Sendiri Agar Tak Jajan di Luar Selama Wabah Corona

Salah satu varian kue cubit yang lezat adalah kue laba-laba. Dinamakan demikian karena bentuknya yang mirip dengan jaring laba-laba. Jajanan satu ini cukup populer karena rasanya yang gurih dan lezat. Camilan ini juga cocok dijadikan teman minum kopi dan teh di sore hari. Menariknya, kue satu ini mudah dibuat di rumah sehingga kamu tak perlu jajan di luar selama wabah Corona. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya antara lain telur, gula pasir, tepung terigu, ragi instan, santan, margarin yang dilelehkan dan meses.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Pertama ambil cetakan kue cubit lalu panaskan di atas kompor. Oleskan mentega secukupnya lalu tuangkan adonan pada cetakan dengan membuat jaring laba-laba. Jika sudah, tutup cetakan dan panggang kue tersebut hingga setengah matang. Setelah itu buka tutup cetakan dan tambahkan toping di atas adonan. Tutup kembali cetakan dan panggang hingga benar-benar matang. Matikan kompor setelah kue matang. Setelah itu angkat kue laba-laba dan usahakan agar jaring-jaringnya tidak rusak atau terputus.

Demikian delapan camilan lezat yang bisa dibuat sendiri di rumah selama wabah Corona. Simak juga beberapa tips ini agar tetap produktif selama bekerja di rumah karena wabah Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui ide kegiatan seru yang bisa dilakukan bareng anak selama mereka libur karena wabah Corona.



You can share this post!