Lakukan 7 Tips Ini Saat Mengambil Uang di ATM Agar Terhindar dari Penyebaran Virus Corona
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan benda mati selama beberapa hari, termasuk mesin ATM. Oleh karena itu, saat mengambil uang di ATM sebaiknya lakukan beberapa tips ini agar terhindar dari penyebaran virus Corona.

WowKeren - Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa virus Corona dapat bertahan di permukaan benda dalam kurun waktu tertentu. Virus asal Wuhan ini bahkan bisa hidup di bahan plastik selama 5 hari.

Karena fakta itu, tidak sedikit orang yang khawatir akan mudah terinfeksi oleh virus Corona. Pasalnya aktivitas harian kita tak lepas dari interaksi dengan berbagai benda di sekitar kita, termasuk transaksi menggunakan mesin ATM.


Bukan tidak mungkin ada orang yang membawa virus Corona melakukan transaksi di ATM. Virus yang dibawanya bisa saja menempel di tombol mesin, gagang pintu atau beberapa benda di sekitar ATM.

Karena itulah kita perlu berhati-hati saat mengambil uang di ATM dalam situasi saat ini. Lalu bagaimana sih cara agar kita terhindar dari virus Corona saat mengambil uang di ATM? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat Sebelum Pergi ke ATM


Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat Sebelum Pergi ke ATM

Sebelum pergi untuk mengambil uang ke ATM, pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat dan tidak sakit. Jika kamu sedang kurang enak badan, sebaiknya tetap di rumah saja dan beristirahat. Jika memang benar-benar sedang membutuhkan uang tunai, kamu bisa meminta bantuan anggota keluarga yang lain untuk mengambilkannya.

Pasalnya daya tahan tubuh yang sedang menurun karena sakit, akan membuatnya lebih rentan terserang virus dan tertular penyakit. Hal sebaliknya berlaku jika tanpa sadar ternyata kita yang membawa virus tersebut, akan lebih berbahaya untuk keluar rumah dan menularkannya pada orang lain.

2. Selalu Jaga Jarak dengan Orang Lain


Selalu Jaga Jarak dengan Orang Lain

Kita selalu diimbau untuk menjaga jarak demi mencegah penyebaran virus Corona. Hal ini juga berlaku saat kita mengambil uang di ATM, terutama jika suasananya sedang sangat ramai. Pastikan untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal sejauh satu meter.

Selain itu, usahakan untuk tidak masuk ke dalam ruang ATM jika masih ada orang di dalamnya. Dan kalau bisa, gunakan ATM yang hanya menyediakan satu mesin dalam satu ruang. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir kontak dengan orang lain di ATM.

3. Selalu Bawa dan Gunakan Hand Sanitizer


Selalu Bawa dan Gunakan Hand Sanitizer

Selalu bawa hand sanitizer kemanapun kamu pergi, termasuk ke ATM karena tidak semua ATM menyediakannya. Hand sanitizer sangat diperlukan untuk menjaga tangan agar tetap bersih dan tidak terkontaminasi virus maupun bakteri.

Gunakan hand sanitizer setelah keluar dari mesin ATM. Karena gagang pintu dan tombol mesin yang kamu sentuh kemungkinan telah tertempel virus Corona. Dengan begitu, virus, kuman maupun bakteri yang telah berpindah ke tangan kamu akan mati karena kandungan alkohol di dalam hand sanitizer.

4. Bawa Tisu Antibakteri


Bawa Tisu Antibakteri

Selain hans sanitizer, tak ada salahnya untuk membawa tisu antibakteri saat ke ATM. Tisu ini bisa kamu gunakan sebelum mengakses mesin ATM. Cukup ambil selembar dan gunakan untuk membersihkan tombol-tombol angka di mesin ATM.

Pastikan tisu basah yang kamu bawa telah mengandung zat disinfektan. Dengan begitu, dia bisa membersihkan kuman, bakteri maupun virus yang menempel di tombol-tombol mesin ATM yang akan kamu gunakan.

5. Terapkan Etika Batuk dan Bersin


Terapkan Etika Batuk dan Bersin

Selalu terapkan beberapa etika batuk dan bersin dimanapun kamu berada, termasuk di ATM. Hal ini diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit secara luas lewat udara dan menghindari rasa tidak nyaman dari orang sekitar.

Etika batuk dan bersin yang pertama adalah tutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau sapu tangan. Jika tidak ada tisu atau sapu tangan, tutupi batuk dan bersin dengan lengan bagian dalam. Jangan menggunakan jari-jari tangan, apalagi jika tidak segera mencucinya dengan sabun.

Kedua, segera buang tisu dan cuci tangan menggunakan air dan sabun (beberapa bank telah menyediakan cuci tangan di sekitar mesin ATM-nya). Terakhir, usahakan untuk selalu menggunakan masker, baik masker medis atau masker kain biasa.

6. Jangan Menyentuh Sembarang Benda


Jangan Menyentuh Sembarang Benda

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah tidak menyentuh sembarang benda yang ada di ATM. Sebab bisa saja benda tersebut mengandung virus Corona yang akan sangat berbahaya jika kita sentuh. Benda tersebut misalnya jendela, dinding, lantai, pagar dan sebagainya.

Selain itu, usahakan juga untuk tidak mengambil struk usai melakukan transaksi di ATM. Hal ini sangat penting dilakukan demi meminimalisir penyebaran virus Corona.

7. Jangan Menyentuh Wajah, Mata, Hidung dan Mulut Usai Melakukan Transaksi di ATM


Jangan Menyentuh Wajah, Mata, Hidung dan Mulut Usai Melakukan Transaksi di ATM

Setelah melakukan transaksi di ATM, bisa saja tangan kamu telah ditempeli oleh virus Corona. Oleh karena itu, penting untuk tidak langsung menyentuh wajah dan bagian-bagiannya menggunakan tangan. Sebelum menyentuh bagian wajah, pastikan tangan kamu sudah benar-benar bersih. Jika tidak ada air dan sabun, usahakan untuk membersihkan tanganmu menggunakan hand sanitizer atau tisu antibakterial.

Demikian tujuh tips aman mengambil uang di ATM agar terhindar dari penyebaran Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips belanja di pasar dan setelah kembali ke rumah di tengah wabah Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa cara mengatasi krisis keuangan yang tengah melanda di tengah wabah Corona.

You can share this post!

Related Posts