Jangan Hanya Ikut Tren, Ketahui 8 Efek Samping Kawat Gigi Sebelum Memasangnya
Health

Melakukan perawatan ortodontis artinya kamu harus siap dengan segala konsekuensinya termasuk menyempatkan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk perawatan yang berkesinambungan.

WowKeren - Tidak semua orang memiliki senyum yang indah menawan dengan gigi yang rata. Terkadang, kondisi gigi yang gingsul atau memiliki celah bisa membuat seseorang kurang percaya diri. Sehingga dipilihlah prosedur untuk merapikan gigi dengan melakukan perawatan ortodontis.

Meski demikian, ada kalanya perawatan kawat gigi harus ditempuh untuk menunjang kemampuan mengunyah dengan nyaman atau mengatasi gigitan yang tidak tepat. Penggunaan kawat gigi saat ini pun bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat. Selain tujuan-tujuan di atas, ada juga orang yang menggunakan kawat gigi hanya untuk kebutuhan penampilan.

Padahal, memasang kawat gigi juga bisa menyebabkan beberapa efek samping yang mungkin bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Untuk itu sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan ortodontis, yuk ketahui dulu efek samping penggunaan behel yang perlu kamu waspadai.

(wk/zodi)

1. Nyeri di Sekitar Mulut


Nyeri di Sekitar Mulut
iStock

Rasa nyeri adalah salah satu efek umum yang timbul saat pemasangan kawat gigi pertama kali. Rasa nyeri ini timbul dari tekanan gigi yang mulai mengalami pergerakan akibat pemasangan kawat gigi. Hal ini berkaitan dengan fungsi perawatan ortodontis itu sendiri.

Saat kawat terpasang maka ia akan mulai bekerja menarik gigi. Jika posisi gigi cukup berantakan atau kurang rapi maka bisa jadi akan semakin hebat rasa nyeri yang ditimbulkan. Rasa nyeri ini biasanya bertahan selama beberapa hari.

2. Seriawan


Seriawan

Dengan memasang kawat gigi maka itu artinya kamu telah memasukkan "benda asing" ke dalam mulutmu. Sehingga mulut pun mau tidak mau harus beradaptasi dengan kondisi tersebut. Selain menyebabkan rasa nyeri, seriawan juga umum dialami oleh mereka yang memasang kawat gigi.

Hal ini bisa terjadi jika ujung kawat gigi dipotong terlalu panjang sehingga akan menggores pipi bagian dalam. Begitu pula jika bracket yang kamu pasang memiliki permukaan yang tajam. Jangan heran jika akan muncul banyak seriawan atau timbul rasa perih akibat gesekan permukaan bracket dengan mukosa pipi.

3. Perubahan Warna Gigi


Perubahan Warna Gigi
Unsplash/Quang Tri NGUYEN

Sepertinya efek yang satu ini adalah hal yang niscaya jika kamu melakukan perawatan ortodontis. Bracket yang terpasang pada setiap gigi, ditambah dengan kawat yang membentang dari ujung geraham satu ke geraham lainnya, akan menjadi penghalangmu saat membersihkan gigi.

Akibatnya, noda makanan yang sulit dijangkau akibat keberadaan "benda asing" tersebut akan tinggal lebih lama di permukaan gigi. Jadi, jangan heran jika warna gigi akan berubah menjadi lebih kusam seiring lamanya waktu kamu menjalani perawatan gigi.

4. Gigi Berlubang dan Masalah Lainnya


Gigi Berlubang dan Masalah Lainnya

Sulitnya menjangkau sisa makanan akibat adanya bracket yang menghalangi bisa membuatnya tinggal di sela-sela gigi. Zat asam yang diproduksi oleh bakteri dari sisa makanan akan terjebak di antara alat ortodontis sehingga berpotensi menimbulkan terjadinya dekalsifikasi.

Jika proses dekalsifikasi enamel berlangsung terus-menerus maka bisa menyebabkan lubang pada gigi. Namun, efek samping yang satu ini bisa dicegah dengan rajin membersihkan gigi hingga ke sela-sela dengan menggunakan sikat khusus.

5. Sulit Mengunyah Makanan


Sulit Mengunyah Makanan
Getty Images

Rasa nyeri yang ditimbulkan akibat tekanan yang diberikan kawat pada gigi ditambah dengan gesekan bracket pada mukosa pipi bisa membuatmu merasa amat sangat tidak nyaman saat mengunyah. Bisa jadi saat awal-awal pemasangan kawat gigi kamu hanya bisa mengonsumsi makanan yang relatif lunak agar tidak terlalu menyiksa gigi.

Sebab, jika kamu menggigit makanan yang cukup keras dengan gigi yang sudah tersiksa akibat tekanan justru akan membuat rasa nyeri semakin menjadi. Namun pada umumnya seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa karena mulut sudah bisa menyesuaikan.

6. Memakan Waktu yang Tidak Singkat


Memakan Waktu yang Tidak Singkat
Unpslash/NeONBRAND

Lamanya perawatan ortodontis bervariasi tergantung pada masing-masing permasalahan gigi yang dialami setiap orang sehingga tidak bisa dipukul rata. Ada yang hanya memakan waktu satu tahun, dua tahun, bahkan ada yang mencapai tiga tahun.

Namun yang jelas, jika kamu melakukan perawatan ortodontis kamu harus siap dengan semua konsekuensinya, termasuk menyempatkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Kamu harus rajin kontrol sesuai anjuran dokter karena hal ini bisa mempengaruhi progres perawatan gigimu.

7. Resorpsi Akar Gigi


Resorpsi Akar Gigi

Resorpsi akar merupakan salah satu konsekuensi yang muncul ketika kamu melakukan perawatan ortodontis. Kondisi ini bisa melibatkan sejumlah gigi dan bertambah parah jika kamu mengalami penyakit periodontal. Kondisi ini akan mengganggu dan dapat melemahkan jaringan penyangga gigi.

Penyebab resorpsi akar belum diketahui secara pasti. Namun pasien yang melakukan perawatan ortodontis lebih dari 2-3 tahun cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami kondisi ini.

8. Gigi Bisa Kembali Seperti Semula


Gigi Bisa Kembali Seperti Semula
Unsplash/Diana Polekhina

Melepas bracket bukan berarti perawatan selesai. Kamu masih harus memakai retainer. Biasanya, dokter akan menganjurkan retainer untuk dipasang selama setahun usai perawatan. Hal ini bertujuan untuk mencegah gigi kembali ke posisi semula akibat pergerakan gigi.

Itulah tadi beberapa efek samping yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk memasang kawat gigi. Sebaiknya jika memang belum benar-benar memerlukannya maka ada baiknya kamu tunda dulu. Melakukan perawatan gigi artinya kamu juga harus menyempatkan waktu untuk rajin kontrol ke dokter guna mendapatkan perawatan yang berkesinambungan.

Begitu pula saat sudah memasang kawat gigi, ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan, seperti yang bisa kamu baca di artikel ini. Intip juga dampak terlalu sering menggunakan sedotan plastik untuk kesehatan gigimu di sini, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait