Jangan Sampai Kena Mata, Ini 7 Tips Aman Mencuci Rambut Si Kecil yang Rewel
Getty Images/Westend61
SerbaSerbi

Saat hendak mencuci rambut si kecil jika ia enggan menurut dan terus bertingkah tentu hal ini akan mengkhawatirkan. Sebab, busa sampo bisa saja mengenai matanya.

WowKeren - Memandikan si kecil bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan ikatan (bonding) antara orang tua dengan anak. Mandi bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi si kecil sehingga tak heran jika ia sering kali memilih untuk berlama-lama berendam dengan mainan kesayangannya di bak mandi.

Namun rupanya, tak semua anak memandang aktivitas ini sebagai hal yang menyenangkan. Ada kalanya orang tua harus melakukan usaha lebih untuk bisa membujuk buah hatinya agar mau mandi. Jika si kecil rewel saat mandi, tentu akan menyusahkan Anda saat hendak membersihkan tubuhnya, bukan?

Apalagi saat hendak mencuci rambut si kecil. Jika si kecil enggan menurut dan terus bertingkah tentu hal ini akan mengkhawatirkan. Sebab, busa sampo bisa saja mengenai mata si kecil dan membuatnya menangis. Untuk mengatasinya, berikut trik-trik yang bisa Anda lakukan untuk mencuci rambut si kecil dengan aman.

(wk/zodi)

1. Buat Aktivitas Mandi Menyenangkan


 Buat Aktivitas Mandi Menyenangkan
Unsplash/Nathan Dumlao

Anak-anak suka sekali dengan permainan. Permainan bisa mengalihkan perhatian mereka sehingga Anda bisa dengan lebih mudah membuatnya menurut. Begitu juga saat mandi, cara ini bisa diterapkan. Pastikan si kecil membawa boneka kesayangannya saat mandi.

Lebih baik pilih boneka yang tahan air. Biarkan si kecil mencuci rambut boneka kesayangannya untuk mengatasi rasa takut si kecil. Aktivitas bermain di air yang menyenangkan akan membantu si kecil merasa memiliki kendali untuk dirinya sendiri. Saat si kecil mulai melakukan hal yang sama pada rambutnya, bantu si kecil agar busa sampo tidak masuk ke mata atau telinganya.

2. Pakai Aksesori Pembantu


 Pakai Aksesori Pembantu
YouTube/Ibu dan Balita Indonesia

Busa sampo yang mengenai mata si kecil bisa membuatnya trauma. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan beberapa macam aksesoris pembantu. Misalnya memakaikan kacamata renang untuk si kecil dengan karet yang lembut dan tidak terlalu menyiksa selama mencuci rambutnya.

Anda juga bisa menggunakan penyumbat telinga untuk memastikan telinganya tidak kemasukan air saat membilas rambutnya. Alihkan perhatian si kecil dengan botol semprot atau mainan air sehingga perhatiannya akan teralihkan dan Anda pun bisa mencuci rambutnya hingga bersih.

3. Pakai Cara Berbeda Saat Membilas


Pakai Cara Berbeda Saat Membilas
https://makeupandbeauty.com/

Anak pada umumnya suka hal baru yang menyenangkan. Begitu juga saat mandi. Beberapa anak ada yang suka merasakan sensasi guyuran air di atas kepala mereka. Sedangkan sebagian yang lainnya lebih suka dengan tetesan air.

Anda bisa mencoba cara itu dan lihat mana yang lebih disukai oleh si kecil. Jika si kecil rupanya tidak suka dengan dua metode itu, cobalah menggunakan waslap basah. Cukup peras airnya dan usapkan waslap ke rambut balita. Ulangi sampai semua busa sampo bersih dibilas.

4. Minta si Kecil Mendongak ke Atas


Minta si Kecil Mendongak ke Atas
https://thelotdallas.com/best-baby-bath-tubs/

Tak ada salahnya Anda memandikan si kecil di luar ruangan, misalnya di taman belakang. Dengan suasana yang lain dari biasanya, mungkin saja si kecil juga akan suka. Saat hendak mencuci rambutnya, minta si kecil mendongak ke atas melihat birunya langit.

Dengan begitu, perhatian anak akan teralihkan dan Anda bisa membilas dan mencuci rambutnya dengan aman. Posisi ini akan menurunkan risiko busa sampo masuk ke mata. Sambil si kecil menghadap ke atas, pijat pelan kulit kepalanya dan buat dia merasakan sensasi nyaman.

5. Pakai Sampo yang Tidak Pedih di Mata


Pakai Sampo yang Tidak Pedih di Mata
Getty Images/iStockphoto/Magone

Selain memakaikan kacamata renang dengan karet empuk, Anda juga harus memperhatikan opsi ini. Jika si kecil tidak nyaman memakai kacamata, maka Anda harus memastikan jika sampo yang digunakan aman untuk si kecil dan tidak pedih di matanya.

Namun meski demikian, akan lebih baik jika si kecil mau menutup matanya sejenak untuk memastikan keamanannya. Sebab, jika busa sampo sampai mengenai mata si kecil dan membuatnya pedih, bisa jadi hal ini akan membuatnya trauma dan enggan membiarkan Anda mencuci rambutnya lagi. Jika balita rewel, tentu akan semakin menyusahkan Anda, bukan?

6. Perhatikan Waktu yang Tepat


Perhatikan Waktu yang Tepat
Unsplash/Elena Koycheva

Bisa jadi, alasan si kecil menolak untuk mandi adalah karena ia merasa lelah. Tidak seperti orang dewasa yang paham akan pentingnya menjaga kebersihan kapan pun meskipun tubuh lelah, tidak demikian halnya dengan si kecil.

Jika Anda memaksa mencuci rambutnya di saat ia lelah dan mengantuk, tentu akan membuatnya rewel karena ia hanya ingin aktivitas mandinya cepat selesai. Jika menurut Anda sudah waktunya untuk mencuci rambut si kecil, maka pertimbangkan mengganti waktu mandi misalnya setelah dia bangun tidur karena dia akan lebih mudah menurut.

7. Pastikan Handuk Bersih Siap di Samping


Pastikan Handuk Bersih Siap di Samping
Unsplash/Denny Muller

Untuk memberikan rasa nyaman pada si kecil usai keramas, jangan biarkan dia kedinginan usai mandi. Jika Anda membuatnya menunggu dengan harus terlebih dahulu mencari-cari handuk bersih maka ia akan menggigil.

Untuk itu, pastikan Anda menyiapkan segala sesuatunya sebelum memandikan si kecil. Siapkan handuk bersih di samping Anda sehingga mudah meraihnya saat kegiatan mandi sudah selesai. Balutkan handuk kering dan lembut untuk membuatnya merasa hangat.

Pada dasarnya, Anda harus menghindari pemaksaan untuk mengatasi si kecil yang rewel. Selain mandi, biasanya anak juga rewel saat diminta minum obat. Pada artikel ini akan dijelaskan tips-tips mengatasi anak yang sudah minum obat. Intip juga hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai toilet training pada anak di sini.

You can share this post!

Related Posts