Tak Butuh Banyak Sinar Matahari Hingga Bikin Udara Bersih, 7 Tanaman Ini Cocok untuk Hiasan Indoor
Hippopx
SerbaSerbi

Tanaman hias pada umumnya tidak memerlukan lahan yang luas untuk bisa tumbuh. Bahkan beberapa di antaranya bisa tumbuh tanpa banyak sinar matahari maupun air.

WowKeren - Menjalankan hobi tak selamanya mudah. Meski hobi diyakini bisa dijadikan sebagai pelarian untuk memberikan kepuasan pada diri sendiri, namun upaya ini kadang harus dihadapkan pada realita yang tidak mendukung. Sebut saja hobi bercocok tanam.

Hobi ini kadang terhalang dengan masalah minimnya lahan yang tersedia. Apalagi di zaman sekarang, di mana harga tanah sangatlah mahal, melanjutkan hobi bertanam dianggap cukup sulit dilakukan. Apakah kamu salah satunya?

Janganlah berkecil hati dulu. Kamu masih bisa kok melanjutkan hobimu dengan menanam tanaman hias. Tanaman hias pada umumnya tidak memerlukan lahan yang luas untuk bisa tumbuh. Bahkan beberapa di antaranya bisa tumbuh dengan diletakkan di pot dalam ruangan. Seperti beberapa berikut contohnya.

(wk/zodi)

1. Sansevieria


Sansevieria
wikimedia.org/Mokkie

Dalam bahasa sehari-hari, tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan lidah mertua. Tanaman hias yang satu ini cukup populer. Kelebihan tanaman ini adalah bisa tumbuh dalam kondisi sedikit air maupun cahaya matahari. Nama tanaman ini cukup unik dan disebut demikian karena bentuknya yang tajam.

Tak hanya cantik untuk dekorasi ruangan tanaman lidah mertua mampu menyerap gas beracun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Daunnya yang tebal berwarna hijau berhias garis kuning di pinggirnya tumbuh tegak menjulang. Hanya perlu disiram dua kali seminggu, tanaman ini memiliki ketahanan tinggi.

2. Tanaman Sukulen


Tanaman Sukulen
Pixabay

Tanaman sukulen memiliki bentuk yang unik dan mungil sehingga banyak diminati untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman sukulen memerlukan sinar matahari dalam intensitas yang cukup rendah untuk bisa tumbuh. Selain itu, perawatannya juga relatif mudah karena tidak memerlukan banyak air.

Bagi kamu yang pemula, sangat cocok untuk memilih tanaman ini jika tidak ingin repot. Tanaman sukulen biasanya memiliki daun yang tebal untuk menyimpan cadangan air. Ada banyak jenis sukulen yang bisa kamu rawat di rumah rumah seperti echeveria, bunny cactus yang saat ini makin banyak digandrungi, hingga roseum yang elegan.

3. Peace Lily


Peace Lily
Pixabay

Berikutnya, kamu bisa menumbuhkan bunga peace lily untuk mempercantik ruanganmu. Seperti namanya, tanaman yang satu ini sering disebut sebagai lili perdamaian. Daun lebar dan ranum yang tumbuh menjulang di atas pot sangat serasi dengan dekorasi ruangan yang berwarna putih.

Selain cantik, tanaman dengan bunga berwarna putih ini juga bermanfaat untuk membersihkan udara dalam ruang secara alami. Dapat hidup di tempat dengan kelembapan tinggi, peace lily bisa kamu andalkan untuk membersihkan udara dalam kamar mandi dengan meletakkannya di sekitar sana.

4. Cocor Bebek


Cocor Bebek
ProjectManhattan

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Kalanchoe pinnata ini biasa berkembang biak melalui tunas daun. Batangnya yang lunak dan beruas, serta daunnya yang tebal mengandung air, sangat cocok digunakan sebagai penghias ruangan.

Tak hanya daunnya yang memiliki bentuk menarik, saat bunga tanaman ini mekar akan membuat ruanganmu semakin indah. Saat mekar, bunganya yang berwarna merah mudah akan tumbuh rimbun di atas daun yang ditanam pada pot mungil. Selain sebagai tanaman hias, cocor bebek juga dikenal sebagai tanaman obat.

5. Karet Kebo


Karet Kebo
wikimedia.org/Mokkie

Karet kebo disebut juga dengan karet merah. Tanaman ini berasal dan tersebar di Asia Selatan mulai dari India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China (Yunnan), Malaysia, dan Indonesia. Tanaman ini cocok dijadikan sebagai tanaman hias karena perawatannya cukup mudah.

Selain untuk menghias ruangan, karet kebo juga bermanfaat untuk membersihkan udara dalam ruangan. Biasa dikembangbiakkan dengan stek, karet kebo memiliki tinggi yang bisa mencapai 30 meter. Namun untuk hiasan rumah, sebaiknya pangkas secara berkala.

6. Sirih Gading


Sirih Gading
wikimedia.org/Joydeep

Selain banyak ditanam untuk mempercantik pekarangan, sirih gading juga bisa kamu jadikan sebagai penghias ruangan. Sirih gading termasuk ke dalam suku talas-talasan dengan warna daun yang khas, yakni hijau bercampur kuning cerah atau kuning pucat.

Daun sirih gading tumbuh merambat di batang pohonnya dan jika ditanam dalam pot, maka daunnya cenderung mengecil. Sirih gading digunakan sebagai tanaman hias dengan cara memotong batangnya dan dimasukkan ke dalam media air dan akan tumbuh akar.

7. Spider Plant


Spider Plant
wikimedia.org/W.carter

Dapat tumbuh dengan cepat, spider plant bisa menjadi opsi jika kamu ingin menghias ruanganmu dengan pot gantung. Tanaman ini memiliki daun panjang yang menjuntai hingga 45 cm sehingga cocok untuk digantung dalam ruangan. Memiliki bunga putih yang cantik, spider plant mampu menghilangkan zat polutan formaldehida di udara.

Selain perawatannya mudah, tanaman hias di atas juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan, misalnya membersihkan udara di dalam ruangan. Tidak sulit untuk mendapatkan bibit tanaman di atas. Kamu bisa langsung pergi ke pasar bunga atau memesannya secara online.

Tanaman hias semakin banyak digemari. Orang-orang berusaha menghilangkan rasa jenuh di rumah dengan mencoba hobi baru. Salah satunya merawat tanaman hias, seperti yang belakangan populer. Intip juga tanaman hias yang bisa membahayakan di artikel ini, ya.

You can share this post!

Related Posts