Dilantik Gubernur Ganjar Secara Virtual, Gibran Anak Jokowi Resmi Jadi Wali Kota Solo
Instagram/teguhprakosaa
Nasional

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik 17 kepala daerah terpilih dari Gedung Gardhika Bhakti Praja kompleks kantornya pada Jumat (26/2) hari ini. Termasuk pemenang Pilwalkot Solo 2020, Gibran dan Teguh Prakosa.

WowKeren - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa, secara virtual pada Jumat (26/2) hari ini. Dengan demikian, putra sulung Presiden Joko Widodo kini resmi menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Pelantikan virtual Gibran-Teguh digelar di Gedung DPRD Solo. Mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo, juga tampak hadir di Gedung DPRD Solo.

Sementara itu, Gubernur Ganjar melantik 17 Kepala Daerah terpilih dari Gedung Gardhika Bhakti Praja kompleks Kantor Gubernur Jateng. Terdapat tiga pasang Kepala Daerah yang hadir langsung di Gedung Gardhika Bhakti Praja, yakni kepala daerah Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Kendal.

"Sebelum saya mengambil sumpah, saya ingin bertanya apakah saudara-saudari bersedia diambil sumpahnya?" kata Ganjar mengawali pengambilan sumpah kepala daerah, dilihat dari siaran langsung di kanal YouTube Pemprov Jateng. "Saya perlu mengingatkan bahwa sumpah yang akan saudara-saudari ucapkan mengandung tanggung jawab kepada bangsa dan negara Republik Indonesia. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945, serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat."


Gibran dan para kepala daerah lainnya lantas mengikuti sumpah yang dibacakan oleh Ganjar. Para kepala daerah Jateng juga dipanggil satu per satu oleh Gubernur Ganjar. Gibran dan Teguh terdengar lantang menyahut Gubernur Ganjar.

"Pada hari ini, Jumat 26 Februari 2021 saya Gubernur Jawa Tengah atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik saudara saudari sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah yang nama-namanya terncantum dalam keputusan Menteri Dalam Negeri," lanjut Ganjar. "Saya percaya bahwa saudara saudari akan melaksanakan tugasn dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan."

Di sisi lain, Gibran-Teguh berhasil menang telak atas paslon Bagyo Wahyono-FX Supardjo dalam Pilkada Solo 2020 lalu. Berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gibran-Teguh sukses meraup 86,5 persen suara.

Pasangan nomor urut 1 ini rajin blusukan untuk menyapa warga Solo selama masa kampanye. Namun karena situasi pandemi COVID-19, tim Gibran-Teguh menggelar blusukan secara virtual. Caranya adalah dengan menggunakan layar besar beroda yang dibawa masuk perkampungan.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts