Rindu, Irfan Hakim Gunakan Kecanggihan Deepfake Untuk Kembali 'Hidupkan' Sang Ayah
Instagram/irfanhakim75
Selebriti

Irfan Hakim tak ingin menyia-nyiakan kemajuan teknologi dengan begitu saja. Irfan Hakim ikut menggunakan kecanggihan teknologi agar bisa kembali 'menghidupkan' sang ayah.

WowKeren - Perkembangan teknologi tumbuh semakin pesat pada abad ke-20 ini. Berbagai macam kecanggihan teknologi ikut mendorong aktivitas manusia baik dalam suatu pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah deepfake yang merupakan bentuk dari kecerdasan buatan untuk memalsukan sebuah foto maupun suara.

Sejumlah pihak menilai kecanggihan deepfake bisa menjadi bumerang bagi manusia itu sendiri. Namun bagi pihak lainnya, kehadiran kecerdasan buatan tersebut cukup membantunya, seperti yang dirasakan oleh Irfan Hakim. Presenter kelahiran Bandung itu menggunakan teknologi deepfake untuk mengobati rasa rindunya terhadap sang ayah, H. Rosyid Sukarya.

Diketahui, ayah Irfan Hakim meninggal dunia pada 21 November 2017. Sang ayah meninggal dunia disebut karena penyakit komplikasi yang dideritanya.

Sudah hampir empat tahun sang ayah pergi tentu membuat Irfan Hakim kerap merindukan sosok tersebut. Tak heran bila kemudian ia seolah ingin menghidupkan kembali pria yang sudah membesarkannya dengan sepenuh hati.

Lewat sebuah unggahan di akun Instagram-nya, Irfan Hakim terlihat mengedit foto sang ayah agar bisa begerak. Benar saja, mata ayahnya dalam foto tersebut langsung berkedip hingga menampilkan sebuah senyuman yang terlihat begitu nyata. Bahkan bisa dibilang mendiang ayahnya benar-benar hidup kembali.


Irfan Hakim bahkan menambahkan lagu "Ayah" milik Seventeen sebagai backsound unggahan videonya. Lirik lagu yang begitu menyentuh dengan senyuman ayah Irfan Hakim itu terlihat begitu menyatu hingga siapa saja melihat unggahan tersebut ikut merasakan sedih.

"Aku hanya memanggilmu ayah, di saatku kehilangan arah. Aku hanya mengingatmu ayah, di saatku tlah jauh darimu," begitulah bunyi lirik lagu tersebut. Bubuhan caption Irfan Hakim juga tak kalah membuat haru.

"Ketika teknologi bisa 'menghidupkan' kembali foto yang tak bergerak," tulis Irfan Hakim sebagai keterangan foto unggahannya hari Minggu (7/3) kemarin. "Memori pun dibawa ke masa itu. Masa dimana kita tak bisa mengulang nya kembali, Kangen 😭😭😭😭."

Unggahan Irfan Hakim tersebut lantas membuat sebagian besar warganet ikut merindukan sosok terdekatnya yang lebih dahulu berpulang ke Yang Maha Kuasa. Mereka juga banyak yang menanyakan aplikasi yang digunakan Irfan Hakim ini dalam kolom komentar unggahan tersebut.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts