Sangkal Tuduhan Bullying, Soojin (G)I-DLE Ngaku Tak Pernah Bicara dengan Aktris Seo Shin Ae
Twitter/G_I_DLE
Selebriti
Isu Bullying Artis Korea

Pada Jumat (19/3), Soojin (G)I-DLE memberikan klarifikasi panjang terkait skandal bullying yang menimpanya. Salah satunya adalah tudingan bullying terhadap aktris Seo Shin Ae.

WowKeren - Pada Jumat (19/3), Soojin (G)I-DLE akhirnya memberi klarifikasi panjang terkait tuduhan bullying melalui platform U-Cube. Dalam klarifikasi part 1, Soojin memberikan bantahan terhadap penuduh pertama yakni teman sekolahnya yang kemudian dikenal dengan "B".

Selanjutnya WowKeren akan menunjukkan klarifikasi part II Soojin tentang berbagai tuduhan bullying lain, termasuk pada aktris Seo Shin Ae. Melanjutkan klarifikasi sebelumnya, Soojin menjelaskan bahwa dia tidak pernah membully siapapun saat bersekolah, termasuk aktris Seo Shin Ae. Ia bahkan tak pernah berbicara dengan aktris tersebut sebelum masalah ini mencuat.

Soojin berkata, "No. 7 sampai akhir akan membahas berbagai tuduhan lain yang dibuat secara online."

7. Teman yang menari denganku saat kelulusan kami

"Aku ingat berteman dengan orang ini dari tahun ketiga sekolah kami sampai hari kelulusan kami. Setelah lulus, kami kehilangan kontak satu sama lain. Kami tidak nongkrong bersama di sekolah, tapi aku ingat nongkrong setelah sekolah berakhir. Aku bahkan tahu tentang keadaan keluarga orang itu, jadi kupikir kami dekat," terang Soojin dalam platform U-Cube.

"Tidak benar kalau aku memanggil orang itu ke rumahku dua hari sebelum lulus dengan alasan berbagi makan bersama untuk menuntut agar mereka menghafal koreografi denganku," ungkapnya. "Kami telah berlatih bersama di rumahku selama sekitar satu setengah bulan sebelum lulus. Ayahku ingat orang itu juga, dan bahkan ingat bahwa di tengah latihan kami, orang yang tinggal di apartemen di bawah kami menelepon untuk mengeluh tentang kebisingannya. Kami bertukar lagu selama beberapa bulan melalui email dan aku masih memiliki email sebagai bukti."

8. Tentang postingan Instagram aktris Seo Shin Ae

"Seperti yang kutulis di pernyataan pertamaku, aku tidak pernah berbicara dengan aktris Seo Shin Ae selama kami di sekolah. Sebelum masalah ini dimulai, aku tidak tahu di kelas mana dia berada," penyanyi "Lion" itu menerangkan.

"Aku tidak pernah melakukan tindakan seperti meletakkan rokok di mejanya atau mencuri surat kelulusannya. Aku tidak tahu apa-apa tentang Seo Shin Ae dan ini adalah pertama kalinya aku mendengar rumor tentang dia dan aku. Aku tidak pernah membullynya atau mengutuknya di belakang punggungnya," tutur Soojin.

"Setiap kali aku merilis pernyataan baru, Seo Shin Ae membagikan postingan sekitar waktu yang sama, sehingga banyak orang yang salah percaya bahwa aku menindasnya. Agensiku telah menghubungi agensinya, tetapi tidak mendapat tanggapan," tambahnya.

Sangkal Tuduhan Bullying, Soojin (G)I-DLE Ngaku Tak Pernah Bicara dengan Aktris Seo Shin Ae

Source: Twitter

9. Tentang mantel empuk

Soojin pun menambahkan, "Karena ini juga merupakan insiden yang tidak terjadi, aku tidak yakin bagaimana menjelaskannya. Tapi aku bisa menjelaskan mengapa klaim penuduh sulit dipercaya. Tidak benar bahwa aku menindas orang ini di tahun pertama sekolah kami dengan menampar pipi mereka atau mewarnai mantel berlapis mereka dengan spidol."

"Orang ini menulis bahwa ketika aku membullynya, ada seorang teman yang menyaksikan kejadian tersebut dan membantu mereka. Aku menanyakan kepada teman ini secara langsung dan mereka mengatakan bahwa mereka tidak ingat akan hal ini," lanjutnya.

"Ketika netizen meminta orang tersebut untuk membuktikan bahwa mantel tersebut telah dirusak, penuduh tersebut mengatakan bahwa mereka telah menjual barang tersebut secara langsung. Penuduh mengatakan bahwa itu telah dijual baru-baru ini, bukan pada saat terjadi penindasan," jelasnya. "Itu berarti mantel yang berumur lebih dari 10 tahun telah terjual. Orang-orang meminta penjual menghubungi pembeli untuk mendapatkan foto mantel yang rusak, yang menunjukkan bahwa penanda belum terhapus pada saat pembelian."


"Tetapi pembeli menjawab bahwa spidol telah terhapus saat mantel dicuci. Itu menyiratkan bahwa penanda dari 10 tahun yang lalu telah dengan mudah terhapus di binatu. Sulit dipercaya bahwa seseorang akan meninggalkan penanda di sana yang diduga telah kulakukan lebih dari 10 tahun yang lalu hingga sekarang," bunyi pembelaan Soojin.

"Tidak disebutkan di mana pun dalam iklan jas bekas bahwa itu telah rusak. Bahkan dalam obrolan satu lawan satu (antara penjual dan pembeli), tidak ada kerusakan yang disebutkan. Ini adalah standar untuk setiap kerusakan yang disebutkan di depan dalam iklan, dan area yang rusak akan ditampilkan dalam foto untuk pembeli. Tidak masuk akal jika penjual akan menghubungi pembeli lagi tanpa satu foto pun," vokalis (G)I-DLE itu menerangkan.

"Informasi tentang mantel yang diunggah di situs web bekas menunjukkan bahwa itu bukanlah mantel yang sama ketika aku masih di sekolah menengah. Penuduh menjelaskan bahwa mereka telah mengunggah informasi yang salah, mengira bahwa itu adalah produk yang sama. Tetapi ketika orang menjelaskan secara akurat memeriksa tanggal pembuatan produk mantel dan meminta informasi tersebut, penuduh tidak menanggapi," bebernya

"Ketika penuduh pertama kali membagikan pos mereka tentang jas tersebut, penuduh mengatakan bahwa mereka berada di kelas kedua di tahun ketiga, dan bahwa aku berada di kelas pertama di tahun ketiga. Penuduh mengklaim bahwa kelas pertama penuh dengan pembuat onar dan kepala sekolah adalah wali kelas untuk kelas tersebut. Tetapi aku berada di kelas dua di tahun ketiga sekolahku dan wali kelasku adalah guru bahasa Inggris," bunyi penjelasan Soojin.

"Selanjutnya, kelas pertama bukanlah kelas pembuat onar. Penuduh juga telah mengubah pernyataan mereka beberapa kali untuk mengatakan bahwa mereka tidak yakin apakah mereka berada di kelas dua atau kelas lima di sekolah menengah," lanjutnya.

"Penuduh menyatakan bahwa aku sering datang ke kelas mereka karena aku punya teman di kelas itu, tetapi ketika aku berada di tahun ketiga sekolah menengah, semua teman terdekatku berada di kelas yang sama denganku, jadi aku hampir tidak pernah pergi untuk mengunjungi kelas lain," Soojin menerangkan.

Terakhir, pemilik nama Seo Soojin itu menjelaskan, "Di tahun ketiga sekolah menengah, kelas satu dan dua berada di lantai yang sama, dan kelas lainnya berada di lantai atas. Jika penuduh berada di kelas dua dan aku di kelas pertama, tidak masuk akal bagi penuduh untuk mengatakan bahwa aku telah 'datang' ke kelas mereka. Semua yang mereka katakan salah."

10. Lain-lain

"Tidak benar aku pernah membuat orang saling menampar, mencuri uang dan harta benda, atau mengirim pesan mengucilkan salah satu siswa dari kelompok. Aku tidak bisa memberikan penjelasan yang panjang untuk kejadian yang tidak terjadi. Aku tidak pernah melakukan perilaku seperti itu selama aku berada di sekolah," Soojin memberi pengakuan.

Terakhir, Soojin menyampaikan permintaan tulus kepada setiap orang yang terluka karena kasus ini. Ia juga siap menerima konsekuensi apapun, termasuk keluar dari grupnya.

"Alih-alih menarik emosi orang, aku melakukan yang terbaik untuk menuliskan fakta yang rasional dan jelas tanpa distorsi. Fakta bahwa aku membutuhkan waktu selama ini untuk membuat pernyataan tidak berarti bahwa aku bersalah. Aku membutuhkan waktu untuk menjelaskan detailnya, karena aku tahu bahwa satu kata dariku akan berdampak besar pada orang lain," ungkapnya.

"Dalam pernyataan pertamaku, banjir rumor dan postingan yang dibuat oleh aktris tertentu yang langsung membuatku dianggap publik sebagai 'pengganggu'. Dalam situasi di mana aku harus mengeluarkan pernyataan secepat mungkin, ketidaksesuaian dalam pernyataan itu akhirnya menciptakan banyak kesalahpahaman, jadi aku lebih berhati-hati dengan pernyataan berikutnya. Namun, tidak ada yang kukatakan di pernyataan pertama yang salah," lanjutnya.

"Aku tahu bahwa akan menjadi hal yang mengerikan untuk mengakui bahwa seorang idol wanita telah merokok saat berstatus siswa, tetapi aku mengakui kebenaran karena aku ingin jujur tentang segala hal," bunyi keterangan Soojin. "Karena penasaran, aku merokok sekali atau dua kali sebagai siswa, tetapi aku menyadari betapa salahnya perilaku ini. Aku menerima tanggung jawab atas perilaku ini dan aku sangat menyesal."

"Kami akan mengumpulkan bukti dan mengambil tindakan hukum terhadap semua orang yang membuat rumor palsu dan orang-orang ini akan diadili oleh hukum. Jika ternyata aku melakukan kesalahan, maka tentunya aku akan mengambil hukuman yang diberikan dan keluar dari grup. Namun, kebenaran tentang apa yang belum kulakukan akan terungkap," beber Soojin.

"Sekali lagi, aku ingin meminta maaf dengan tulus karena telah menyebabkan keributan dengan masalah ini. Aku akan tulus dan jujur tentang masalah ini sampai akhir. Terima kasih," Soojin meminta maaf.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts