Ramadan di Depan Mata, Intip 8 Persiapan yang Perlu Dilakukan untuk Menyambutnya
pexels.com/Abdullah Ghatasheh
SerbaSerbi

Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Yuk, cari tahu persiapan apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menyambut datangnya bulan yang suci ini.

WowKeren - Tak terasa, bulan Ramadan sudah di depan mata. Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan ini, umat muslim percaya jika kebaikan yang mereka lakukan akan memperoleh berkah dan pahala yang dilipatgandakan.

Momen Ramadan memang tak tergantikan di bulan lainnya. Di bulan ini, umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa selama kurang lebih satu bulan lamanya. Selain puasa, ada ibadah lain yang juga hanya bisa dilakukan saat bulan Ramadan yakni salat tarawih berjamaah.

Itulah mengapa tak heran jika momen Ramadan menjadi yang paling ditunggu-tunggu. Nah, apakah kamu sudah menyiapkan diri untuk menyambut bulan yang suci ini? Jika belum, yuk, cari tahu persiapan apa saja yang perlu kamu lakukan untuk bisa beribadah maksimal.

(wk/zodi)

1. Tingkatkan Stamina dan Daya Tahan


Tingkatkan Stamina dan Daya Tahan
pexels.com/Karolina Grabowska

Karena selama sebulan ke depan kamu akan melaksanakan ibadah puasa, maka hal pertama yang harus kamu pastikan adalah kondisi tubuh. Saat puasa, tubuh berhenti mengonsumsi makanan dan minuman selama rentang waktu tertentu sehingga kamu memerlukan kondisi fisik yang prima.

Jangan sampai ibadah puasa justru membuatmu lemah dan jatuh sakit. Oleh sebab itu, jagalah kondisi fisik agar tetap sehat. Jika perlu, konsumsi multivitamin untuk menambah daya tahan. Kurangi aktivitas begadang maupun konsumsi makanan yang tidak sehat. Untuk aturan minum suplemen, kamu bisa menyimaknya di sini, ya.

2. Perdalam Ilmu Agama


Perdalam Ilmu Agama
pexels.com/Gabby K

Selain kondisi fisik, persiapan spiritual juga perlu dilakukan. Untuk menyambut bulan suci Ramadan, tak ada salahnya kamu memperdalam ilmu agama. Kamu bisa membaca buku mengenai anjuran apa saja yang sebaiknya dilakukan di bulan Ramadan terutama untuk meningkatkan amalan baik.

Sebaliknya, pahami perbuatan apa saja yang justru bisa membuatmu jauh dari Tuhan dan bisa mengurangi pahala puasa. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mempertebal iman menjelang bulan Ramadan dan membuat kita lebih berhati-hati dalam bertindak.

3. Berbuat Baik pada Sesama


Berbuat Baik pada Sesama
pexels.com/Gabby K

Anjuran yang satu ini sudah pasti diajarkan di agama mana pun tak terkecuali Islam. Berbuat baik pada sesama sebetulnya tak harus menunggu bulan Ramadan tiba tetapi bisa dilakukan setiap saat. Namun jika selama ini kamu merasa belum maksimal melakukannya, maka bulan Ramdhan adalah saat yang tepat memperbaiki semua itu.

Ramadan adalah momen yang sempurna untuk berbagi dengan sesama. Kamu bisa berbagi makanan berbuka, minuman, atau takjil dengan orang-orang di sekitarmu. Selain bisa memperbaiki suasana hati, menyebar kebaikan seperti ini juga bisa mendatangkan manfaat bagi orang lain, bukan?

4. Meminta Maaf Kepada Orang-orang


Meminta Maaf Kepada Orang-orang
pexels.com/Vie Studio

Kamu tak harus menunggu momen Idul Fitri tiba untuk meminta maaf kepada orang-orang sekitar. Menjelang Ramadan, tak ada salahnya kamu mulai meminta maaf kepada orang-orang di sekitarmu. Bisa jadi tanpa kamu sadari, kamu pernah menyakiti orang lain baik melalui perbuatan yang disengaja maupun tidak.

Tidak menutup kemungkinan hal ini juga bisa menyebabkan orang lain berburuk sangka kepadamu. Oleh sebab itu demi kebaikan bersama segeralah meminta maaf. Dengan meminta maaf kamu akan merasa plong sehingga bisa lebih memantapkan hati dalam melaksanakan amalan baik di bulan Ramadan.

5. Persiapkan Materi untuk Perbanyak Sedekah


Persiapkan Materi untuk Perbanyak Sedekah
pexels.com/RODNAE Production

Bulan suci Ramadan adalah bulan yang sangat tepat untuk berbagi dengan sesama. Tak heran jika di bulan ini umat muslim terus diingatkan untuk bersedekah lebih banyak untuk mendapatkan pahala dan berkah yang berlipat ganda.

Jika selama ini kamu mungkin terlalu sibuk dengan kepentingan duniawi sehingga hampir tidak pernah bisa menyisihkan uang untuk berbagi ke sesama, maka inilah saat yang tepat untuk membuat titik balik. Mulailah membiasakan diri untuk bersedekah dengan rasa ikhlas.

6. Memohon Ampunan Atas Dosa-Dosa


Memohon Ampunan Atas Dosa-Dosa
pexels.com/Hebert Santos

Tiada manusia yang suci tanpa dosa. Meski demikian pintu ampunan Tuhan Yang Maha Esa selalu terbuka lebar untuk hambanya yang mau bertobat. Menjelang bulan Ramadan, mohonlah ampun atas segala khilaf yang pernah kamu lakukan selama ini. Berusahalah untuk tidak mengulangi perbuatan dosa yang sama lagi sehingga kamu bisa menjadi manusia yang lebih baik.

7. Siapkan Perlengkapan Ibadah


Siapkan Perlengkapan Ibadah
pexels.com/Michael Burrows

Ada banyak amalan di bulan puasa yang bisa kamu manfaatkan untuk mengumpulkan pahala. Salah satunya melalui salat sunah Tarawih. Memang pada umumnya salat ini dilakukan secara berjamaah sehabis salat Isya, namun karena kondisi pandemi yang tak kunjung usai kamu bisa melakukan sendiri di rumah.

Karena mukena atau sajadah serta perlengkapan lainnya akan dipakai lebih sering, maka sebaiknya kamu menyiapkan satu lagi perlengkapan salat sebagai ganti. Cuci mukena secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesucian perlengkapan ibadah.

8. Cek Persiapan Makanan


Cek Persiapan Makanan
pexels.com/Pok Rie

Saat menjalankan ibadah puasa, kamu memang tidak perlu makan sehari tiga kali seperti biasa. Namun, kamu harus tetap mempersiapkan menu untuk berbuka dan sahur, bukan? Untuk itu, pastikan kamu memiliki bahan makanan yang bisa diolah atau dikonsumsi selama waktu-waktu tersebut.

Sebaiknya jangan berlebihan saat sahur maupun berbuka karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Pastikan kamu sudah menyetok sembako maupun bahan pendukung lainnya di lemari es sehingga bisa memasaknya sendiri di rumah.

Itulah tadi persiapan yang perlu dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadan. Karena Ramadan ini masih sama seperti tahun sebelumnya di mana virus corona masih mengintai, maka benar-benar perhatikanlah kondisi tubuhmu. Intip juga tips untuk tetap produktif saat menjalankan ibadah puasa di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait