Jokowi Sampaikan Duka Cita Atas Gempa Jatim dan Perintahkan Jajarannya Lakukan Ini
Twitter/jokowi
Nasional
Bencana Gempa 2021

Presiden Joko Widodo pun menyampaikan duka cita atas bencana gempa yang menimpa Jawa Timur. Apalagi, bencana gempa ini dilaporkan juga menelan sejumlah korban jiwa.

WowKeren - Sejumlah wilayah di Jawa Timur diguncang gempa bumi sejak Sabtu (10/4). Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, gempa tersebut mengakibatkan 1.189 rumah warga di 15 kabupaten/kota di Jatim rusak.

Presiden Joko Widodo pun menyampaikan duka cita atas bencana alam yang menimpa Jatim. Apalagi, bencana gempa ini dilaporkan juga menelan sejumlah korban jiwa.

"Gempa berkekuatan Magnitudo 6,1 di Provinsi Jawa Timur pada Sabtu kemarin dan gempa susulan pagi tadi, telah menimbulkan korban jiwa dan kerusakan," tulis Jokowi di akun media sosial resminya. "Gempa ini mengingatkan kita bahwa Indonesia terletak di wilayah cincin api. Gempa bumi dapat terjadi kapan saja. Saya, atas nama pemerintah dan seluruh rakyat menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia."


Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan bahwa jajarannya telah diperintahkan untuk melakukan langkah tanggap darurat atas bencana di Jatim ini. Termasuk terus mencari korban yang kemungkinan tertimpa bangunan runtuh.

"Saya telah memerintahkan segenap jajaran terkait sampai pemerintah daerah untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat," lanjut Jokowi. "Mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan dan melakukan perawatan pada korban luka-luka."

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya gempa bumi susulan dengan magnitudo 5,5 di barat daya Kabupaten Malang pada Minggu (11/4) pukul 06.54 WIB. Menurut keterangan BMKG, gempa itu tidak memiliki potensi tsunami.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan gempa tersebut memiliki spektrum guncangan yang luas sehingga dirasakan hingga Banjarnegara dan Bali. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts