Mendikbud Nadiem Temui Menkumham Yasonna Saat Isu Reshuffle, Ada Apa?
Instagram/yasonna.laoly
Nasional
Reshuffle Menteri Jokowi

Isu reshuffle kabinet buntut dari peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek dan pembentukan satu badan baru yakni Kementerian Investasi masih menjadi teka-teki publik.

WowKeren - Isu reshuffle kabinet sampai Selasa (20/4), masih menjadi misteri. Presiden Joko Widodo belum juga mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal tersebut. Padahal isu ini tengah menjadi sorotan para petinggi negara.

Pada Senin (19/4), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim diketahui mendatangi kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, dan bertemu dengan Menkumham Yasonna H Laoly langsung. Pertemuan mereka menimbulkan asumsi-asumsi baru lantaran dilakukan di tengah isu reshuffle kabinet.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua MPR dari PDIP Ahmad Basarah. Mereka membahas isu nasional yakni terkait proses peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek. Yasonna mengatakan regulasi peleburan tersebut harus disiapkan terlebih dahulu agar berjalan mulus.

"Dalam audiensi yang juga dihadiri Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, kami mendiskusikan soal proses peleburan Kemendikbud dan Kemenristek," tulis Yasonna di akun Instagram pribadinya, @yasonna.laoly, Selasa (20/4). "Regulasinya mesti disiapkan betul agar transformasinya berjalan mulus."


Selain itu, Yasonna menyampaikan pertemuan tersebut membahas mengenai ideologi Pancasila. Yasonna menegaskan bahwa sebagai masyarakat Indonesia wajib mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Setiap warga negara Indonesia harus memahami betul ideologi Pancasila," tegas Yasonna. "Tidak cuma itu, setiap kita bahkan mesti menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan nyata."

Yasonna membahas hal tersebut dikarenakan adanya wacana untuk mengembalikan Pancasila sebagai mata pelajaran mulai Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi. Ia juga mengatakan bahwa hal tersebut telah disepakatinya bersama Nadiem Makarim.

"Saat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mas Nadiem Makarim datang beraudiensi ke kantor Senin kemarin, hal tersebut menjadi salah satu hal yang kami sepakati bersama," tutup Yasonna. "Menurut kami, Pancasila adalah dasar melangkah bagi setiap warga negara."

Sebelumnya, sempat tersiar kabar bahwa Nadiem akan direshuflle. Hal itu dikarenakan adanya peleburan dua kementerian yang telah disetujui oleh DPR RI pada Jumat (9/4).

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts