Presiden Jokowi Mengaku Tidak Pernah Mau Kalah Saat Sekolah
Twitter/setkabgoid
Nasional

Presiden Jokowi kenang masa-masa sekolah saat berbincang dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam podcast memperingati Hari Pendidikan Nasional yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (2/5).

WowKeren - Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional kemarin, Presiden Joko Widodo bersama dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikburistek) Nadiem Makarim berbincang-bincang dalam sebuah podcast yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu (2/5).

Pada podcast tersebut, Jokowi dan Nadiem berbincang-bincang mengenai kondisi pendidikan di Indonesia. Nadiem menyampaikan beberapa program dan kebijakan, baik yang sudah maupun belum terlaksana.

Akan tetapi, ada perbincangan yang menarik yakni saat Nadiem bertanya kepada Jokowi mengenai tipe pelajar. Jokowi mengaku ketika masih sekolah dulu merupakan tipe pelajar yang tidak mau kalah.

"Kalau saya memang orangnya waktu entah itu di SD, SMP, SMA, Universitas memang tidak mau kalah," ujar Jokowi. "Artinya gini, kalau saya melihat teman saya misalnya malam belajarnya satu jam, saya tahu dia belajarnya satu jam, saya belajarnya dua jam."


"Habis subuh misalnya teman saya belajarnya tiga puluh menit, saya satu jam," lanjut Jokowi. "Juara satu misalnya, saya melihat belajarnya malam dua jam, saya empat jam, misalnya gitu, tidak mau kalah di situ maksud saya."

Menurut Jokowi, dengan belajar akan bisa mewujudkan cita-cita. Selain itu, Jokowi juga mengaku aktif di luar bidang pendidikan yakni mengikuti kegiatan pecinta alam. Jokowi menyampaikan bahwa dirinya senang belajar di mana saja dan tentang hal apa pun itu.

Dengan mengikuti kegiatan pecinta alam, itu juga berarti belajar mengenai alam. Selanjutnya, pendidikan yang diperoleh di luar ruang kelas itu juga sama pentingnya dengan yang diterima di dalam kelas, bahkan bisa menjadi lebih penting.

Jokowi menerangkan bahwa dirinya sosok yang selalu belajar dari kesalahan, kemudian tidak pernah putus asa, dan juga senang berkompetisi. Menurutnya, hal itu lah yang membuat Jokowi berani untuk memulai bisnisnya sendiri dari nol.

Jokowi menyampaikan pesan terhadap anak-anak bangsa untuk selalu semangat belajar dan jangan pernah berhenti belajar meskipun tengah pandemi COVID-19. Justru gunakan waktu luang saat pandemi COVID-19 untuk terus belajar hal-hal yang tidak diajarkan di sekolah.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts