Ahmad Dhani Tegas Ingin Benahi Sistem Pembayaran Royalti Para Musisi Indonesia
Instagram/ahmaddhaniofficial
Musik

Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani PP Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik pada tanggal Maret lalu. Kini, Ahmad Dhani pun mulai meresponsnya seusai bertemu dengan Dirjen HAKI.

WowKeren - Ahmad Dhani rupanya baru saja bertemu dengan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Dirjen HAKI) Indonesia. Pada pertemuan tersebut agaknya menyinggung soal royalti lagu. Seperti diketahui, Ahmad Dhani merupakan salah satu musisi ternama Tanah Air yang lagunya masih terus hits hingga saat ini.

Lewat salah satu unggahan dalam akun Instagram pribadinya, suami Mulan Jameela ini terlihat membongkar percakapannya dengan Dirjen HAKI. Transkrip percakapan tersebut kemudian ditulis ayah Al Ghazali ini dalam sebuah gambar.

"Hari ini saya ditanya oleh Dirjen HAKI 'Lu udah punya pulau?' Jawab saya 'Belum'. 'Berarti sistem pembayaran royalti belum bener!' tegas Pak Dirjen," bunyi tulisan yang ada di dalam unggahan Ahmad Dhani tersebut. Lewat unggahan tersebut pula, musisi yang akrab disapa Dhani ini menegaskan ingin segera membenahi sistem royalti di Indonesia.


Seperti diketahui, lahirnya PP Nomor 56 Tahun 2021 yang ditanda tangani oleh Joko Widodo pada 30 Maret kemarin pun menuai pro kontra hingga saat ini. Sebab, ada sebuah pasal di dalam peraturan tersebut yang dinilai kontroversial yakni soal pelarangan pemutaran musik/lagu di tempat umum seperti cafe maupun rumah makan.

Aturan tersebut dinilai bisa mengancam keberlangsungan para pengamen cafe atau jalanan. Namun dilain sisi, aturan tersebut dinilai cukup menguntungkan bagi para musisi kondang Tanah Air lantaran pendapatan mereka dari sebuah lagu yang diciptakannya akan meningkat tajam.

Menyikapi hal tersebut, Ahmad Dhani pun tegas mengajak rekan sesama musisinya untuk tegas membenahi sistem pembayaran royalti di Indonesia. "2022 kita benahi Bos!" tulis Ahmad Dhani sebagai keterangan unggahannya hari Selasa (4/5).

Unggahan tersebut pun rupanya ikut direspon oleh rekan sesama musisi seperti Melly Goeslaw dan Virgoun. Kedua musisi tersebut terlihat memberikan tanggapan berbeda soal unggahan Ahmad Dhani tersebut. Melly Goeslaw tampak melampirkan dua emoticon tertawa, sementara Virgoun justru memberikan gambar api menyala seolah mendukung langkah Ahmad Dhani.

(wk/Zahi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru