Duta Besar AS Buka Suara Usai Dikecam Lantaran Dianggap Samakan Pelajar Tiongkok dengan Anjing
pixabay.com/Ilustrasi
Dunia

Hal tersebut bermula ketika bagian visa kedutaan AS di Tiongkok mengunggah sesuatu terkait kebijakan dibukanya kembali aplikasi visa di media sosial Tiongkok, Weibo.

WowKeren - Dibukanya kembali aplikasi visa pelajar melalui kedutaan besar dan kantor misi Amerika Serikat di Tiongkok dimulai dengan awal yang sengit pekan ini. Pasalnya, pengguna media sosial menganggap postingan yang diunggah kedutaan besar AS tidak sesuai.

Mereka menilai jika postingan tersebut seolah-olah menyamakan para pelajar di Tiongkok dengan anjing. Menanggapi kemarahan publik, pihak kedutaan AS segera buka suara. Seorang juru bicara kedutaan AS di Beijing mengeluarkan permintaan maaf pada Kamis pagi kepada siapa pun yang tersinggung oleh komentar tersebut. Mereka mengatakan bahwa postingan itu hanya dimaksudkan untuk mencairkan suasana.

"Posting media sosial yang dimaksud dimaksudkan untuk menjadi penggembira dan membangun kesan humoris," ujarnya. "Kami segera menghapus unggahan itu ketika kami melihat itu tidak diterima seperti yang kami inginkan."

Adapun hal itu bermula ketika bagian visa kedutaan AS di Tiongkok mengunggah sesuatu terkait kebijakan dibukanya kembali aplikasi visa di media sosial Tiongkok, Weibo. Mereka bertanya kepada para pelajar apa yang mereka tunggu-tunggu setelah administrasi presiden AS Joe Biden melonggarkan pembatasan.


"Musim semi telah tiba dan bunga-bunga bermekaran. Apakah kamu seperti anjing ini yang tidak sabar untuk keluar dan bermain?" kata postingan dalam bahasa Mandarin, yang disertai dengan video anak anjing yang bersemangat mencoba memanjat gerbang pengaman.

Siapa sangka jika postingan ini justru mendapat reaksi keras dari para pengguna media sosial. Mereka merasa jika analogi pelajar dengan anjing sangatlah tidak pantas. Tak lama setelah panen kecaman, postingan ini pun dihapus.

Ada pengguna yang menyebutkan jika kecaman ini bisa saja terjadi karena perbedaan budaya. Dalam budaya Amerika, anjing memiliki artian yang positif. Sedangkan sebaliknya, bagi masyarakat Tiongkok justru memiliki kesan negatif.

"Apakah ini humor ala orang Amerika? Saya yakin mereka sengaja melakukannya!" tulis satu pengguna. "Anjing dalam budaya Amerika pada dasarnya memiliki arti positif, tetapi dalam budaya dan idiom Tiongkok, mereka kebanyakan negatif," tulis pengguna lain.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts