200 Negara Berpartisipasi, Olimpiade Tokyo Berisiko Lahirkan Varian Baru Virus Corona
Unsplash/Fusion Medical Animation
Dunia

Kepala Persatuan Dokter Jepang Naoto Ueyama mengungkapkan jika Olimpiade Tokyo tetap digelar maka bukan tidak mungkin dari situ akan muncul varian virus yang baru

WowKeren - Rencana gelaran ajang bergengsi Olimpiade Tokyo masih menuai kontroversi. Rencana ini menuai kontroversi lantaran dikhawatirkan justru akan memperparah kondisi pandemi COVID-19 yang saat ini melanda, tak terkecuali di Jepang.

Jepang telah berjanji untuk mengadakan Olimpiade 2020 yang "aman dan terjamin" di Tokyo setelah penundaan selama setahun. Namun di lain sisi, negara ini juga sedang berjuang untuk menahan gelombang keempat infeksi dan bersiap untuk memperpanjang status darurat di beberapa wilayah negara itu.

Pejabat Jepang, penyelenggara Olimpiade, dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) semuanya telah berjanji bahwa Olimpiade akan terus berlanjut, meskipun harus dilakukan di bawah langkah-langkah pencegahan virus yang ketat. Penonton asing telah dilarang dan keputusan untuk penonton domestik diharapkan keluar bulan depan.

Kendati demikian, langkah ini tak serta merta menghilangkan kekhawatiran yang ada. Terlebih olimpiade itu akan melibatkan para atlet yang datang dari 200 negara lebih.


Kepala persatuan dokter Jepang memperingatkan pada Kamis (27/5) bahwa jika Olimpiade di Tokyo tetap digelar musim panas ini maka justru berisiko memunculkan varian baru virus corona. Kepala Persatuan Dokter Jepang Naoto Ueyama mengungkapkan jika ajang olahraga tetap digelar maka bukan tidak mungkin dari situ akan muncul varian virus yang baru.

"Semua jenis mutan virus yang berbeda yang ada di tempat berbeda akan terkonsentrasi dan berkumpul di sini di Tokyo," ujarnya. "Kami tidak dapat menyangkal kemungkinan bahkan jenis virus baru yang berpotensi muncul."

Lebih jauh, ia menyebut bahwa jika varian tersebut benar-benar muncul maka bisa jadi akan diberi nama apa adanya. Yang mana, hal ini akan mengingatkan umat manusia pada tragedi besar yang akan awet menjadi bahan kritikan bahkan hingga 100 tahun ke depan.

"Jika situasi seperti itu muncul, itu bahkan bisa berarti jenis virus Olimpiade Tokyo dinamai dengan cara ini," tegasnya. "Yang akan menjadi tragedi besar dan sesuatu yang akan menjadi sasaran kritik, bahkan selama 100 tahun."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru