Ustaz Khalid Basalamah Bantah Larang Nyanyikan 'Indonesia Raya', Deddy Corbuzier Pertanyakan ini
YouTube/Deddy Corbuzier
Selebriti

Ustaz Khalid Basalamah menuai banyak kritik karena dianggap melarang menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'. Oleh sebab itu, Ustaz Khalid memberikan klarifikasi di podcast Deddy Corbuzier.

WowKeren - Ustaz Khalid Basalamah hadir di podcast Deddy Corbuzier yang dibagikan pada Rabu (2/6). Dalam kesempatan tersebut, Ustaz Khalid mengklarifikasi soal video viral mengenai lagu kebangsaan "Indonesia Raya".

Ustaz Khalid menyayangkan orang-orang yang mudah menyimpulkan sesuatu dari potongan ceramah miliknya. Ustaz Khalid kemudian menjelaskan apabila pernyataannya yang viral merupakan jawaban dari pertanyaan berikut.

"Jadi bapak ini mengatakan di sekolah anaknya disuruh nyanyi Indonesia Raya," jelas Ustaz Khalid. "Tapi yang saya tangkap itu anaknya dia bilang kalo saya tidak ikut saya akan dimarahi. Yang saya tangkap, dia tidak mau anaknya ikut atau anaknya tidak mau ikut (menyanyi)."

Ustaz Khalid kemudian menyarankan agar si anak tidak ikut bernyanyi Indonesia Raya. Namun yang Ustaz Khalid maksud adalah hanya di momen tersebut, bukan dalam kasus pada umumnya.


"Karena spontanitas. Namanya memang pertanyaan yang tidak disusun sebelumnya maka kita langsung jawab saja," tutur Ustaz Khalid. Selain itu, Ustaz Khalid juga menjelaskan perkara menganjurkan membaca Surat Al-Falaq yang dikenal sebagai bacaan pengusir setan.

"Dan bisa saja kalo dia mau baca Al-Falaq misalnya," lanjutnya. "Dan saya sebutkan Al-Falaq bukan karena Al Falaq bisa mengusir setan."

"Berarti bukan menganggap bahwa lagu Indonesia Raya itu sihir atau setan kan?" tanya Deddy ingin memastikan. "Oh sama sekali (tidak). Itu terlalu kerdil pemikiran seperti itu. Karena saya pun warga Indonesia. Dari kecil pun saya nyanyi itu," tegas Ustaz Khalid.

Untuk diketahui, video viral yang beredar memperlihatkan Ustaz Khalid menjawab seperti ini: "Saran saya, nggak usah ikut! Nggak usah ikut (menyanyikan Indonesia Raya)," ujarnya saat seorang penanya mengungkap kekhawatiran sang anak bakal ditegur gurunya apabila tidak ikut bernyanyi.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru