PM Inggris Janjikan Donasi 100 Juta Vaksin COVID-19 di Konferensi G7, Indonesia Dapat Jatah?
Pixabay/Fernando Zhiminaicela
Dunia
Vaksin COVID-19

PM Inggris Boris Johnson menjanjikan 100 juta dosis vaksin COVID-19 siap dibagikan lewat fasilitas COVAX WHO pada akhir 2021. Total negara G7 akan menyumbangkan 1 miliar dosis vaksin.

WowKeren - Negara-negara maju mulai mengungkap rencana mendonasikan sejumlah besar dosis vaksin COVID-19. Usai Amerika Serikat yang hendak mendonasikan hingga 500 juta dosis vaksin Pfizer, kini Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga menyuarakan hal serupa.

Johnson akan menyediakan hingga 100 juta vaksin COVID-19 dan dibagikan kepada dunia lantaran sudah surplus dibandingkan kebutuhan Inggris. "Sebagai hasil dari kesuksesan atas program vaksinasi Inggris, kita berada di posisi untuk membagikan surplus dosis kepada mereka yang membutuhkan," ujar Johnson.

Pengumuman ini disampaikan ketika Johnson menghadiri konferensi G7 yang akan dimulai pada Jumat (11/6) hari ini. Namun ternyata pembicaraan ini bagian dari rencana negara-negara G7 mendonasikan hingga 1 miliar dosis vaksin COVID-19 ke seluruh dunia.

Johnson mengungkap sebanyak 500 juta dosis akan datang dari Amerika Serikat, sedangkan 100 juta lainnya dari Inggris. Presiden AS Joe Biden pun telah menegaskan bahwa diperlukan usaha terkoordinasi oleh negara-negara maju agar vaksinasi COVID-19 bisa digelar merata.


"Di Konferensi G7 ini, saya harap teman-teman pimpinan (negara G7) akan menempuh langkah yang sama," terang Johnson yang mendukung pernyataan Biden sebelumnya. "Bersama kita bisa memvaksinasi dunia pada akhir tahun ini dan kembali pulih dari wabah virus Corona."

Rencana donasi vaksin ini pun disambut baik oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron. Macron mengungkap rencana Prancis mendonasikan setidaknya 30 juta dosis vaksin secara global pada akhir 2021.

"Saya rasa Uni Eropa harus memiliki ambisi setingkat Amerika Serikat," kata Macron, dikutip dari Associated Press, Jumat (11/6). "Kini sangat penting mengungkap berapa banyak dosis yang bisa kita berikan bulan depan daripada menjanjikan berapa banyak pada 18 bulan ke depan."

Lantas akan dibagikan ke negara mana saja vaksin-vaksin dari negara G7 ini? Hingga kini belum ada kepastian 1 miliar dosis vaksin COVID-19 ini akan dibagikan ke mana saja, meski Biden dan Johnson menegaskan vaksin yang negara mereka siapkan akan disalurkan lewat skema COVAX dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts