Presiden Jair Bolsonaro Didenda Usai Tak Pakai Masker Saat Pimpin Konvoi Ribuan Pengendara Motor
AP Photo/Marcelo Chello
Dunia
Pandemi Virus Corona

Jair Bolsonaro memimpin ribuan pendukung pengendara motor di Sao Paulo. Ia didenda karena melanggar aturan pembatasan lokal usai terlihat tidak mengenakan masker.

WowKeren - Presiden Brasil Jair Bolsonaro seakan tak lepas dari sorotan publik. Usai dikritik soal penanganan COVID-19 yang dianggap buruk, ia baru-baru ini didenda terkait pelanggaran protokol kesehatan.

Bolsonaro memimpin ribuan pendukung pengendara sepeda motor melewati jalan-jalan Sao Paulo pada hari Sabtu (12/6). Ia didenda karena dianggap melanggar aturan pembatasan lokal usai terlihat tidak mengenakan masker.

Presiden konservatif itu melambai kepada orang-orang dari sepeda motornya dan kemudian dari atas truk pengangkut suara. Sebagian besar pendukung yang memakai helm namun tidak memakai masker ikut bersorak-sorai dalam konvoi itu. Menurut Bolsonaro, masker tidak berguna bagi mereka yang sudah divaksinasi.

Kantor pers pemerintah negara bagian Sao Paulo mengatakan denda setara dengan sekitar 110 dolar AS akan dikenakan kepada Bolsonaro karena melanggar aturan yang mewajibkan masker di tempat umum sejak Mei 2020. Menurut survei otoritas setempat, sebanyak 12.000 sepeda motor berpartisipasi dalam demonstrasi pro-Bolsonaro itu.


Prosesi pengendara sepeda motor keluar dari kota dan kembali, hingga kemudian tiba di Taman Ibirapuera, di mana presiden naik ke atas mobil untuk mempertahankan penolakannya terhadap masker untuk orang yang sudah divaksinasi. Bagi Bolsoanro, siapapun yang menentang pandangan itu dianggapnya sebagai orang yang tidak percaya dengan ilmu pengetahuan.

"Siapa pun yang menentang proposal ini adalah karena mereka tidak percaya pada sains," ujarnya. "Karena jika mereka sudah divaksinasi, tidak mungkin virus itu menular."

Sebelumnya, Bolsonaro juga didenda karena tidak mengenakan masker selama konvoi dengan para pendukungnya pada Mei di negara bagian Maranhao di timur laut. Sementara itu, gubernur negara bagian itu dan Sao Paulo telah berselisih dengan Bolsonaro atas tindakan pembatasan mereka untuk menahan penyebaran virus corona.

Beberapa hari yang lalu, Bolsonaro juga sempat menuai sorotan terkait penanganan COVID-19. Saat naik pesawat ia harus menghadapi cemoohan para penumpang yang menganggap Bolsonaro telah melakukan "genosida". Kendati demikian, ia menghadapinya dengan santai.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts