Malaysia Kenalkan Rencana 4 Fase Pemulihan COVID-19
Unsplash/Yusdi Hassan
Dunia
Pandemi Virus Corona

Saat ini Malaysia berada di bawah Fase Satu, yang rencananya akan beralih ke Fase Dua pada Juli jika kasus baru turun di bawah 4.000 dan tingkat vaksinasi mencapai 10 persen.

WowKeren - Malaysia berharap untuk bisa segera memulihkan kondisi kehidupan negaranya ke normal. Untuk itu, baru-baru ini Putrajaya mengumumkan rencana pemulihan COVID-19 yang terdiri dari empat fase. Rencana tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin pada Selasa (15/6).

"Pendekatan bertahap ini dimulai dari Fase Satu yang merupakan implementasi perintah pengendalian pergerakan nasional yang berlaku sekarang," kata Muhyiddin. "Dengan jumlah kasus COVID-19 yang masih tinggi, sistem kesehatan masyarakat yang berada pada level kritis, dan tingkat vaksinasi yang masih rendah."

Saat ini Malaysia berada di bawah Fase Satu, yang rencananya akan beralih ke Fase Dua pada Juli jika kasus baru turun di bawah 4.000, tingkat vaksinasi mencapai 10 persen, dan penggunaan unit perawatan intensif turun ke tingkat "sedang". Di Fase Satu, hanya layanan penting yang diizinkan beroperasi dengan semua sektor dan kegiatan sosial dilarang.


Fase Tiga diperkirakan akan mulai akhir Agustus. Syaratnya, kasus COVID-19 harian turun di bawah 2.000 kasus, sistem perawatan kesehatan berada pada beban yang tidak berlebihan, dan setidaknya 40 persen dari populasi sudah diinokulasi dengan dosis vaksin kedua.

Semua sektor ekonomi akan diizinkan beroperasi kecuali yang terdaftar sebagai kegiatan berisiko tinggi seperti klub malam, pub, konvensi, spa, dan salon kecantikan. "Semua sektor ekonomi akan diizinkan beroperasi dengan kapasitas maksimum 80 persen seperti pada Tahap Dua, dan kegiatan sosial termasuk pendidikan dan kegiatan olahraga tertentu dapat dilanjutkan secara bertahap," ujarnya.

Pertimbangan dapat mulai beralih ke Fase Empat setelah angka COVID-19 harian turun di bawah angka 500 kasus, sementara sistem perawatan kesehatan dan penggunaan tempat tidur ICU berada pada tingkat yang aman, dan setidaknya 60 persen dari populasi sudah divaksinasi.

Fase keempat dan terakhir akan melihat semua sektor ekonomi diizinkan beroperasi, dengan lebih banyak pembatasan kegiatan sosial juga dicabut. "Perjalanan antarnegara bagian akan diizinkan dan pariwisata domestik juga akan dibuka kembali dengan SOP yang ketat," tambah Muhyiddin.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts