Birthday Spotlight: Happy Kim Go Eun Day
Selebriti

Birthday Spotlight pekan ini hadir dalam rangka merayakan ulang tahun Kim Go Eun yang jatuh pada Jumat (2/7) lalu. WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier hingga rencana masa depan pemeran Ji Eun Tak 'Goblin' tersebut.

WowKeren - Kim Go Eun baru saja merayakan ulang tahun ke-30 (perhitungan umur internasional) yang jatuh pada Jumat (2/7) lalu. Kali ini Birthday Spotlight akan hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengupas tuntas perjalanan hidup sang aktris cantik.

Sosok Kim Go Eun tentunya sudah akrab di benak para pecinta drama Korea. Pasalnya sang aktris telah membintangi sejumlah drama populer salah satunya "The King: Eternal Monarch".

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk intip perjalanan karier Kim Go Eun dari sebelum debut hingga menjadi aktris papan atas seperti sekarang ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Kim Go Eun lahir di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 2 Juli 1991. Saat menginjak usianya yang ketiga, ia dibawa keluarganya pindah ke Beijing, Tiongkok pada tahun 1994. Setelah 10 tahun tinggal di Tiongkok maka tak heran ia fasih berbahasa Mandarin.

Keinginan besar Kim Go Eun untuk berkarier di dunia seni peran tersulut setelah menonton "Together" karya Chen Kaige berkali-kali hingga mendorongnya memutuskan menjajal teater. Begitu kembali ke Korea Selatan, ia bersekolah di Kaywon High School of the Arts dan melanjutkan pendidikan di Korea National University of Arts.

Sebelum menjadi aktris, Kim Go Eun pernah melakukan pekerjaan sampingan seperti pelayan restoran mie dan model toko pakaian online. Bahkan di tahun 2017, foto predebutnya pernah viral di dunia maya karena dianggap sudah cantik sebelum debut.

2. Debut


Debut

Penampilan akting Kim Go Eun yang pertama bukanlah di dalam drama televisi, melainkan film berjudul "A Muse" pada 2012 silam. Lewat akting perdananya, ia mampu mendapatkan penghargaan Aktris Baru Terbaik tahun itu. Namun ia memilih untuk mengambil jeda istirahat dari akting demi menyelesaikan pendidikan meski mendapat banyak tawaran proyek.

Selanjutnya Kim Go Eun berakting di sejumlah film sebelum akhirnya melakukan debut di televisi dengan drama "Cheese in The Trap" di tahun 2016. Salah filmnya yang mendapat sorotan positif salah satunya adalah "Coin Locker Girl" hingga mengantarnya ke Festival Film Cannes 2015.

Selain berakting, selama proyek "Cheese in The Trap" ia juga mengisi OST berjudul "Attraction". Atas kemampuan aktingnya di drama adaptasi webtoon tersebut, Kim Go Eun memenangkan Baeksang untuk Aktris Televisi Baru Terbaik.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Sejak bermain di "Cheese in The Trap", Kim Go Eun mulai dikenal luas. Popularitasnya pun kian meroket pada saat berakting di "Guardian: The Great and Lonely God" atau "Goblin". Tak tanggung-tanggung, ia dinominasikan sebagai Aktris Terbaik dan memenangkan Pasangan Terbaik bersama dengan Gong Yoo di Baeksang Arts Awards 2016.

Penampilannya sebagai Ji Eun Tak yang cerah ceria mampu mencuri hati para penonton. Di sisi lain "Goblin" tak hanya sekadar drama populer, proyek kenamaan Kim Go Eun ini menjadi salah satu fenomena budaya di Korea Selatan. Drama ini mencetak sejarah dengan menjadi drama televisi kabel Korea Selatan pertama dengan rating melampaui 20% saat tayang.

Setelah itu, kesuksesan mengikuti langkah Kim Go Eun dengan datangnya tawaran film seperti "Sunset in My Hometown", "Tune in for Love" dan masih banyak lagi. Drama terakhirnya "The King: Eternal Monarch" bersama Lee Min Ho juga menuai banyak pujian.

4. Hubungan Asmara


Hubungan Asmara

Kim Go Eun beberapa kali dirumorkan terlibat cinta lokasi dengan lawan mainnya seperti Gong Yoo dan Lee Min Ho. Kendati ramai dibicarakan, ia belum pernah membuka suara tentang rumor hubungannya dengan kedua aktor tersebut.

Faktanya, Kim Go Eun pernah berkencan dengan aktor veteran Shin Ha Kyun yang usianya terpaut 17 tahun. Atas rentang usia yang cukup jauh, hubungan keduanya sempat menjadi bahan perbincangan.

Sebelum berpacaran, Shin Ha Kyun merupakan mentor Kim Go Eun. Mereka tergabung dalam klub scuba diving dan mempererat hubungan keduanya sapai pada akhirnya berkencan. Menurut media, mereka mulai berkencan pada Juni 2016 silam hingga akhirnya dikabarkan putus pada Maret 2017 lalu.

5. Kontroversi


Kontroversi

Akting debut Kim Go Eun di film "A Muse" pada tahun 2012 mendapatkan sorotan. Pasalnya film ini menyuguhkan jalan cerita yang kontroversial dan merekam adegan panas. Keberanian Kim Go Eun tampil telanjang dalam film debutnya menuai reaksi pro dan kontra.

Dalam film tersebut Kim Go Eun memerankan Eun Gyo seorang siswi SMA berusia 17 tahun. Meski begitu belia, Eun Gyo mampu membangkitkan nafsu dua orang pria. Dengan tema yang cukup provokatif, film tersebut menampilkan dua adegan ranjang grafis. Kim Go Eun mengakui merasa malu sebelum syuting adegan tersebut.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Sedang terlibat dalam program "Sea of Hope" JTBC, Kim Go Eun tengah mempersiapkan drama terbarunya yang berjudul "Yumi's Cells". Drama terbaru tvN ini memulai pengambilan gambarnya pada April lalu dan belum ada pengumuman resmi kapan mulai ditayangkan.

"Yumi's Cell" sendiri bercerita tentang seorang wanita karier yang tak pandai mengungkapkan perasaannya. Yumi memiliki sel di otaknya yang mewakili berbagai ekspresi dan sel-sel kecil itu bekerja secara aktif dalam mengatasi emosi serta masalahnya.

Selagi menunggu proyek Kim Go Eun mendatang, penggemar dapat menyaksikan aksinya di "Sea of Hope". Ia bergabung menjadi member program reality show tersebut untuk memberikan ketenangan dan penyembuhan baik bagi bintang tamu hingga penontonnya dengan konsep bar di tepi pantai.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru