Brasil Demo Tuntut Jair Bolsonaro Lengser Terkait Dugaan Skandal Vaksin COVID-19
Dunia
Vaksin COVID-19

Anggota Kongres Sao Paulo Joice Hasselmann mengatakan kepada The New York Times bahwa negara itu sebetulnya sudah tidak tahan lagi dengan Jair Bolsonaro.

WowKeren - Puluhan ribu orang berunjuk rasa pada hari Sabtu (4/7) menuntut pemakzulan Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Unjuk rasa itu terjadi di tengah klaim bahwa presiden tersebut berupaya mencari keuntungan dari pembelian vaksin COVID-19.

Para pendemo berkumpul di kota-kota terbesar Brasil, termasuk Rio De Janeiro. Seorang pendemo kepada The Guardian mengatakan jika Bolsonaro harus dikeluarkan dari kekuasaan. "Saya di sini karena kita benar-benar harus mengeluarkan monster ini dari kekuasaan dan merebut kembali Brasil," kata Magda Souza.

Pada hari Jumat, kantor jaksa agung memerintahkan penyelidikan atas peran Bolsonaro dalam skandal korupsi vaksin. Dia dituduh mengabaikan peringatan penyimpangan dalam kesepakatan untuk mengamankan 20 juta vaksin yang belum menyelesaikan uji klinis.

Saksi mata telah menjelaskan tanggapan pemerintah terhadap pandemi, yang telah merenggut nyawa lebih dari 520.000 orang Brasil. Anggota Kongres Sao Paulo Joice Hasselmann mengatakan kepada The New York Times bahwa negara itu sebetulnya sudah tidak tahan lagi dengan Bolsonaro.


"Setiap kejahatan yang dilakukan oleh presiden adalah serius, tetapi yang ini bahkan lebih serius karena melibatkan nyawa," ujarnya. "Brasil tidak bisa jika harus bertahan satu tahun lagi dengan Bolsonaro."

Skandal vaksin di Brasil dimulai pada bulan Juni ketika anggota komisi Kongres menjadi curiga tentang persyaratan kesepakatan 316 juta dolar yang dibuat pemerintah untuk membeli 20 juta dosis Covaxin. Kesepakatan itu dibuat dengan tergesa-gesa, meskipun Covaxin belum menyelesaikan uji klinis atau disahkan oleh regulator kesehatan Brasil.

Brasil mengabaikan tawaran berulang oleh Pfizer, yang menawarkan jutaan dosis di awal tahun. Label harga Covaxin lebih tinggi dari yang diumumkan pabrik sebelumnya.

Presiden Brasil memang hampir tak pernah lepas dari sorotan publik. Ia kerap menuai kontroversi terkait dengan penanganan COVID-19 di negara itu. Bolsonaro bahkan pernah didenda akibat melanggar protokol kesehatan.

Bolsonaro memimpin ribuan pendukung pengendara sepeda motor melewati jalan-jalan Sao Paulo pada hari Sabtu (12/6). Kala itu ia terlihat tidak mengenakan masker.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts