Laos Catat Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Para Pekerja Migran Kembali dari Thailand
Pixabay/L. Pham
Dunia

Gugus tugas COVID-19 di provinsi Laos Selatan, mengatakan kepada media pemerintah bahwa infeksi baru diimpor oleh pekerja Laos yang kehilangan pekerjaan di Thailand.

WowKeren - Salah satu negara di Asia Tenggara, Laos, mencatat lonjakan kasus COVID-19 baru-baru ini. Lonjakan ini terjadi kabarnya disebabkan karena para pekerja migran yang pulang dari Thailand.

Menurut data dari Universitas Johns Hopkins, Laos melaporkan 56 kasus baru pada hari Selasa (6/7). Pemerintah Laos mengatakan 45 transmisi baru terdaftar di provinsi Champassak, 44 di antaranya pada pekerja yang kembali dari Thailand. Hal ini sebagaimana dilaporkan oleh Vientiane Times pada hari Rabu (7/7).

Dr Ratsamy Syphan, yang bertanggung jawab atas gugus tugas COVID-19 di provinsi Laos selatan, mengatakan kepada media pemerintah bahwa infeksi baru diimpor oleh pekerja Laos yang kehilangan pekerjaan di Thailand. Dalam gelombang infeksi terbaru Thailand selama beberapa bulan terakhir, banyak pekerja kehilangan pekerjaan sementara. Ada juga yang lain kembali ke negara asal mereka untuk melarikan diri dari pembatasan penguncian di kamp konstruksi dan pabrik, terutama di Bangkok.


Laos telah mencatat peningkatan transmisi virus baru yang stabil sejak awal bulan ini. Infeksi meningkat lebih dari dua kali lipat dari Kamis menjadi 56 pada Senin dan Selasa. Vientiane Times mengatakan jika ribuan warga negara Laos telah kembali sejak pandemi melanda Thailand tahun lalu.

Sementara itu, di Thailand sendiri muncul isu yang menyebut jika pemerintah siap memberlakukan lockdown yang akan dibahas dalam rapat oleh Pusat Administrasi Situasi COVID-19 Thailand (CCSA) pada Jumat (9/7) pagi. "Kami tidak akan menyebutnya lockdown tetapi pembatasan yang layak akan diberlakukan mengingat situasi saat ini kasus baru bertambah terus jumlahnya setiap hari," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand, Natapanu Nopakun.

Kondisi perkembangan kasus corona di Negeri Gajah Putih tampaknya tak sejalan dengan ambisinya untuk memulihkan sektor wisata. Di lain sisi, pemerintah masih membuka pintu bagi turis asing di bawah skema Phuket Sandbox, yang belakangan rencananya skema ini akan diaplikasikan di tempat lain melalui Samui Plus .

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru