Birthday Spotlight: Happy Hwasa Day
Selebriti

Untuk merayakan ultah Hwasa Mamamoo, WowKeren akan membahas perjalanan karier idol seksi ini mulai pra debut hingga rencana masa depan melalui rubrik Birthday Spotlight.

WowKeren - Hwasa Mamamoo merayakan ulang tahun ke-26 (menurut perhitungan internasional) pada 23 Juli 2021. Untuk merayakannya, WowKeren akan membahas perjalanan karier idol seksi ini mulai pra debut hingga rencana masa depan melalui rubrik Birthday Spotlight.

Hwasa sendiri telah merayakan ulang tahunnya dengan meluncurkan saluran YouTube resminya. Hanya 15 jam kemudian, sang bintang telah mengumpulkan lebih dari130 ribu subscriber, semuanya hanya dengan dua video.

Hwasa dikenal sebagai idol dengan imej seksi dan vokal yang luar biasa. Meski terkadang mengundang kontroversi, penampilan Hwasa tidak pernah mengecewakan. Nggak perlu berlama-lama lagi, simak perjalanan karier Hwasa mulai pra debut hingga rencana masa depannya.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Hwasa lahir dengan nama Ahn Hye Jin pada 23 Juli 1995, di Jeonju, Jeollabuk-do, Korea Selatan. Ia tinggal bersama orangtua dan dua kakak perempuannya. Hwasa lulus dari Sekolah Menengah Seni Informasi Wonkwang.

Bahkan sebelum debut, sejumlah artis Korea Selatan, termasuk Solbi dan band Standing Egg, mengenali bakatnya dan menampilkannya di trek mereka ketika ia masih berusia 16 tahun. Hwasa telah menunjukkan bakat yang luar biasa bahkan sebelum debut.

2. Debut


Debut

Sebelum resmi debut, Mamamoo berkolaborasi dengan beberapa artis. Kolaborasi pertama mereka berjudul "Don't Be Happy" dengan Bumkey dirilis pada 8 Januari 2014. Kolaborasi kedua dengan K.Will berjudul "Peppermint Chocolate" yang menampilkan Wheesung dirilis pada 11 Februari 2014. Pada tanggal 30 Mei 2014, Mamamoo merilis single kolaborasi berjudul "HeeHeeHaHeHo" dengan duo rap Geeks.

Mamamoo resmi debut pada 19 Juni 2014, menjadi salah satu pengisi suara utama dengan merilis singel utama "Mr. Ambiguous" dari mini album pertama mereka "Hello". Nama grup "Mamamoo" adalah simbol pertama kalinya bayi mengoceh. Selain itu, memiliki makna mendekati secara naluriah dan primitif seperti bayi.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Hwasa bersama Mamamoo menerima kemenangan acara musik pertama mereka pada 6 Maret 2016 dengan lagu "You're the Best" di "Inkigayo" SBS, diikuti dengan kemenangan di "Music Bank", "M Countdown", dan acara musik lainnya. Mereka menerima total delapan kemenangan untuk single tersebut.

Mamamoo mengalahkan "Rain" Tae Yeon dan "Press Your Number" Taemin SHINee. Itu adalah kemenangan penuh air mata bagi para member, yang diliputi tangis emosional. Mereka berkata, "Kami ingin berterima kasih kepada orangtua kami, CEO agensi kami, dan semua penggemar yang telah mendukung kami."

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Hwasa memulai debutnya sebagai artis solo dengan singel digital, "Twit" yang dirilis pada Februari 2019. Setahun kemudian, Hwasa bekerja sama dengan Dua Lipa untuk membuat remix dari "Physical" milik Lipa, yang menyertakan tambahan lirik Korea. Hwasa juga bergabung dengan jajaran pengisi OST "The King: Eternal Monarch".

Pada 29 Juni, Hwasa merilis mini album debutnya berjudul "Maria" dan singel utama dengan judul yang sama. Single ini meraih kesuksesan besar, membuat Hwasa menjadi artis solo wanita Korea pertama yang menduduki peringkat teratas iTunes Albums Chart Amerika Serikat.

Hwasa dikontrak banyak iklan seperti The North Face, es teh merek Coca-Cola, Gold Peak Tea, The Sims 4, Lotte Chilsung Beverage, dan banyak lagi. Selain itu ia juga tampil di acara TV seperti "King of Mask Singer", "I Live Alone", "Hangout With Yoo" dan menjadi pemenang "Hidden Singer".

5. Kontroversi


Kontroversi

Hwasa sangat sering dikritik tentang pakaiannya. Salah satu yang paling disorot adalah mode tanpa bra yang dianggap provokatif. Semuanya berawal ketika Hwasa pergi ke bandara dengan kaus putih tanpa bra yang mengejutkan masyarakat Korea Selatan. Ketika ditanya tentang pakaian itu, ia hanya berkata, "Aku berpakaian dengan nyaman."

Sebelumnya, Hwasa juga menimbulkan kegemparan karena pakaian seksinya di MAMA Fans' Choice 2018 di mana ia menghadiri pertunjukan dengan bodysuit merah ketat yang menekankan tubuh lekuknya saat tampil di atas panggung. Namun orang-orang mengecam pakaiannya dan mengklaim bahwa itu tidak sesuai dengan standar Korea karena terlalu seksi.

Kondisi yang sama kembali terjadi di ajang Golden Disk Awards 2019 ketika Hwasa tampil dengan busana backless atau mengumbar punggung. Hwasa bahkan mendapat komentar jahat yang mengatakan ia terlihat seperti wanita tua, tubuhnya tidak langsing, dan banyak lagi.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Baru-baru ini Hwasa tampil di Vogue Japan edisi Juli 2021 mengenakan Dolce & Gabbana dengan tema "Finding New Value." Ini menandai pemotretan internasional pertama Hwasa. Dalam wawancara, ia menyebutkan bahwa "Dulu, aku memenuhi standar di sekitarku, tapi sekarang aku ingin berusaha untuk mengenal diri sendiri dan menetapkan standar sendiri."

Kembali pada 30 Maret, Hwasa secara resmi memperbarui kontraknya dengan RBW. Wheein tidak memperpanjang kontrak solonya dengan agensi, tapi menandatangani perpanjangan kontrak kedua untuk tetap sebagai member Mamamoo hingga Desember 2023. Mamamoo diharapkan segera comeback, begitu juga dengan Hwasa.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait