Rakyat Alami Kondisi Krisis Imbas Pandemi, Anggota DPR Justru Dapat Fasilitas Isoman Di Hotel
Pexels/Andrea Davis
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Baru-baru ini, anggota DPR mendapatkan fasilitas khusus yakni penyediaan isolasi mandiri di hotel. Hal ini tentunya mendapat perhatian dari publik, sebab muncul di tengah kondisi krisis imbas pandemi COVID-19.

WowKeren - Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia membawa dampak kepada masyarakat. Selama pandemi, pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat, dan melarang untuk ke luar rumah jika tidak ada keperluan penting.

Kebijakan tersebut, membuat perekonomian masyarakat mengalami penurunan drastis. Apalagi pandemi hingga saat ini masih belum berakhir, sehingga menempatkan masyarakat dalam kondisi krisis.

Di tengah masyarakat yang mengalami kondisi krisis akibat pandemi, Anggota DPR justru mendapatkan fasilitas isolasi mandiri (isoman) di hotel. Adapun fasilitas ini diberikan oleh Sekretariat Jenderal (Sekjen) DPR RI. Kebijakan ini lantas dinilai bisa merusak citra dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, khususnya wakil rakyat.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai kebijakan penyediaan fasilitas isoman kepada anggota DPR itu muncul di saat rakyat mengalami kondisi krisis. "Berulangnya kebijakan atau penyediaan fasilitas khusus bagi anggota DPR yang selalu dikritik publik, memperlihatkan wakil rakyat sedang menantang rakyat sendiri," tutur Lucius, Selasa (27/7).


Menurut Lucius, kebijakan itu sangat tidak mencerminkan roh lembaga parlemen yang seharusnya menampilkan wajah merakyat. Ia mengkritik bahwa sikap merakyat tidak hanya diperlukan dan dilakukan saat berkampanye politik, melainkan menjadi sama dengan rakyat dalam menghadapi situasi apapun, khususnya kesulitan seperti sekarang ini.

Lebih lanjut, Lucius menduga bahwa kebijakan fasilitas isoman itu adalah bentuk ketidakpedulian Sekjen DPR terhadap citra parlemen sebagai lembaga perwakilan rakyat. Menurutnya, Indra Iskandar selaku Sekjen DPR hanya mementingkan kebahagiaan anggota wakil rakyat itu.

Selain itu, Lucius juga menduga bahwa penyediaan fasilitas khusus bagi anggota DPR itu murni ide dari Indra. Pasalnya, baru-baru ini ramai kritikan untuk Sekjen yang juga disuarakan oleh sebagian anggota DPR terkait posisinya yang juga merangkap Komisaris BUMN.

"Toh posisi Sekjen tidak bergantung pada seberapa publik Sekjen percaya padanya, jabatan Sekjen justru bergantung pada seberapa anggota DPR yang dilayani merasa terlayani dengan baik dan mewah," lanjut Lucius. "Jadi dengan menyediakan fasilitas khusus untuk isolasi mandiri, Sekjen akan terlihat peduli dengan anggota DPR."

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts