KBRI Seoul Layangkan Surat ke MBC Soal Tayangan Pembukaan Olimpiade Tokyo
Twitter/lovemazehobi
Nasional
Kontroversi Olimpiade Tokyo

Stasiun Televisi MBC diketahui menggunakan gambar peta Indonesia yang titik lokasinya justru terletak di wilayah negara bagian Sarawak, Malaysia, dalam siaran upacara pembukaan Olimpiade.

WowKeren - Stasiun televisi MBC asal Korea Selatan menuai sorotan internasional usai dianggap menggunakan gambar yang tidak pantas selama pemberitaan upacara pembukaan Olimpiade Tokyo pekan lalu. Keterangan yang ditampilkan MBC soal Indonesia rupanya juga menuai sejumlah protes.

MBC diketahui menuliskan keterangan mengenai tingkat vaksinasi COVID-19 Tanah Air yang baru mencapai 6 persen hingga produk domestik bruto (GDP) kala kontingen Indonesia muncul di upacara pembukaan Olimpiade. Namun MBC menggunakan gambar peta Indonesia yang titik lokasinya justru terletak di wilayah negara bagian Sarawak, Malaysia.

Keterangan Kontingen Indonesia

Twitter/@lovemazehobi

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul lantas melayangkan surat kepada MBC terkait hal ini. Surat tersebut berisikan pernyataan yang bermaksud untuk merevisi kekeliruan informasi terkait Indonesia tersebut.


"Surat tersebut telah ditemukan kepada Korea Communication Commission (KCC) -lembaga pengawasan penyiaran media Korea Selatan- untuk meminta MBC melakukan langkah-langkah perbaikan," demikian keterangan KBRI Seoul, dikutip dari Antara, Selasa (27/7).

KBRI Seoul juga menambahkan bahwa MBC tidak memberikan komentar terkait kasus COVID-19 di Indonesia. Namun KBRI akan mengonfirmasi kesalahan MBC terkait keterangan lokasi Indonesia yang justru menampilkan Sarawak.

"Tidak terdapat komentar dari pihak MBC, baik tertulis maupun lisan, tentang angka kasus COVID-19 di Indonesia," lanjut pihak KBRI Seoul.

Di sisi lain, MBC sempat dikritik karena menampilkan berbagai keterangan yang tidak relevan soal negara-negara peserta Olimpiade. MBC bahkan menggunakan foto sensitif yang menyinggung masalah politik sejumlah negara, seperti foto insiden nuklir Chernobyl kala memperkenalkan Ukraina dan foto protes yang sedang berlangsung di Haiti.

Park Sung Je selaku Direktur Utama MBC pun telah menyampaikan permohonan maaf secara pribadi atas kontroversi siaran upacara pembukaan Olimpiade tersebut. "Saya menundukkan kepala sebagai kepala eksekutif konten MBC kepada orang-orang di negara ini dan pemirsa yang kecewa dan terluka oleh siaran yang ceroboh serta kurangnya pertimbangan untuk negara-negara yang berpartisipasi," ujar Park Sung Je.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts