Bukan Karena Istri, Lukman Sardi Beber Perjalanan Spiritual Hingga Putuskan Pindah Agama
Instagram/lukmansrd
Selebriti

Lukman Sardi membantah pindah keyakinan dari Islam ke Kristen gara-gara istrinya, Lia. Dalam vlog bersama Daniel Mananta, Lukman menceritakan perjalanan panjangnya mantap pindah agama.

WowKeren - Lukman Sardi menceritakan masa pacarannya dengan Pricillia Pullunggono, yang kini telah jadi istri tercinta. Diakui Lukman, awalnya tak berniat serius dengan Lia karena keduanya beda keyakinan.

"Gue juga gak kepikiran, belum tahu mau serius sama dia," kata Lia saat ngobrol dengan Daniel Mananta dalam vlog yang tayang pada Rabu (28/7). "Iya betul, gue juga gitu, pas itu merasa nyaman, yaudah jalanin aja dulu, gak mikir bakalan nikah," sambung Lukman.

"Apalagi kan ada satu hal juga, jadi setelah beberapa lama gue deket, gue baru tahu bahwa kita punya prinsip yang beda dalam sisi agama, gue Muslim, dia Kristen," lanjut Lukman. "Jadi menurut gue, yaudah dijalanin aja deh, gue gak tau juga, ini kayaknya sesuatu yang agak sulit gitu ya, tapi gue merasa nyaman aja."

Daniel kemudian menyinggung soal pemberitaan diluar sana yang menyebut Lukman pindah agama gara-gara Lia. Lukman membantah hal tersebut dengan mengungkap fakta bahwa perbedaan keyakinan di keluarganya bukanlah sesuatu yang baru atau aneh.

"Ya jadi problem sih (beda keyakinan), tapi di masa itu gue merasa gue gak mau mikirin, jadi yaudah kayak 'emang kenapa kalau beda', nikah ya nikah aja," kata Lukman. "Sebenernya kalau ngomong latar belakang keluarga gue, juga bukan yang sama (keyakinan) semuanya, jadi bukan sesuatu yang aneh buat gue."


Lukman kemudian menceritakan perjalanan spirtiualnya pindah agama. Ia mengungkap sosok sang opa alias kakek yang menjadi sumber pengaruh terbesarnya hingga memutuskan pindah keyakinan. Saat itu sang kakek memberi tulisan soal "Kasih" yang ternyata mengawali perjalanan spiritual Lukman.

"Sebenernya yang punya influencer gede banget itu opa gue," cerita Lukman. "Opa gue itu punya tulisan yang ditulis tangan, yang bagian gue, talk about kasih, isinya itu kalau lo jalanin hidup, esensi paling besar itu adalah harus mengasihi semua orang."

"Impact-nya lumayan gede itu kata-kata buat gue, disitulah momen sebenernya gue berpikir gue harus melakukan sebuah perjalanan mencari tahu sebenernya (soal keyakinan)," ungkap Lukman. "Tapi bukan berarti gue langsung memutuskan, perjalanan itu lumayan panjang, ada skenario Tuhan yang gue gak pernah tahu."

Lukman lalu menceritakan merasa mulai nyaman dengan Lia. Setelah beberapa tahun menikah, Lukman baru mengalami momen krusial soal keyakinan. Saat itu Lukman berdoa meminta petunjuk.

Petunjuk tersebut datang saat Luman mendapat bonus perjalanan umrah setelah main film bersama Deddy Mizwar. Lukman pun berangkat umrah kemudian sempat mengalami peristiwa yang membuatnya teringat soal kata 'kasih' dari sang kakek. Dari situ setelah banyak bertanya dan menelaah, Lukman perlahan mantap untuk pindah keyakinan dari Islam ke Kristen.

(wk/tria)

You can share this post!

Related Posts