Wagub Tegas Tepis 'Ramalan' Joe Biden Soal Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi
https://jakarta.go.id/
Nasional

Presiden AS Joe Biden memperkirakan DKI Jakarta akan tenggelam dalam kurun waktu sepuluh tahun ke depan. Namun prediksi Biden ini ditepis oleh Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mencuri perhatian dengan komentarnya soal kondisi DKI Jakarta dalam sepuluh tahun ke depan. Menurut Biden, Ibu Kota Indonesia itu akan tenggelam, sebuah pernyataan yang sangat menggegerkan tentu saja.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria ikut menanggapi pernyataan Biden tersebut. Ariza, demikian biasa sang wagub disapa, menepis prediksi Biden dan meyakini DKI Jakarta memiliki program penanganan yang mumpuni mencegah hal itu.

"Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian bahwa Jakarta akan tenggelam," tegas Ariza lewat telekonferensi, Sabtu (31/7). Meski demikian, Ariza mengaku tidak menepis juga fakta bahwa Ibu Kota berada di dataran rendah yang tentu saja terancam mengalami penurunan muka tanah setiap tahun.

Namun Ariza juga memastikan bahwa DKI Jakarta tidak serta-merta akan tenggelam dalam kurun waktu 10 tahun. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri saat ini terus mengupayakan supaya tidak tenggelam, mulai dari penyedota air tanah sampai meningkatkan pipanisasi oleh PAM Jaya untuk kebutuhan air bersih masyarakat.


"Agar kebutuhan air bersih semua dari PAM, kami bersama Kementerian PUPR terus membuat program percepatan pipanisasi," jelas Ariza. "Air bersih, air minum di Jakarta terus ditingkatkan."

Saat ini Pemprov juga terus berupaya menangani masalah banjir rob di Ibu Kota. Karena itulah, Ariza meyakini semua formulasi tersebut bisa mengurangi penurunan muka air tanah di Jakarta. "Insya Allah Jakarta tidak tenggelam 10 tahun lagi," imbuhnya menekankan.

Prediksi menghebohkan ini disampaikan orang nomor satu di AS pada Selasa (27/7) kemarin. Dalam pidato terkait perubahan iklim di kantor Direktorat Intelijen Nasional AS, Biden menyinggung prediksi DKI Jakarta akan tenggelam dalam kurun waktu satu dasawarsa.

Hal ini, menurut Biden, disebabkan oleh permukaan air laut yang akan naik sampai dua setengah kaki. Jutaan orang pun diyakini akan segera bermigrasi untuk memperebutkan tanah subur.

"Tapi apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar, bahwa dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan Ibu Kota-nya," tutur Biden, seperti dikutip dari laman resmi Gedung Putih. "Karena akan berada di bawah air?"

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts