Simone Biles Kembali Berkompetisi di Olimpiade usai Sempat Mundur Dari Sejumlah Nomor Pertandingan
Instagram/usagym
Dunia

Simone Biles sebenarnya lolos ke lima final event individu, namun mengundurkan diri dari empat di antaranya. Yakni all-around, vault, latihan lantai, dan palang bertingkat (uneven bars).

WowKeren - Usai sempat mengundurkan diri dari beberapa nomor pertandingan Olimpiade Tokyo, bintang senam asal Amerika Serikat Simone Biles dipastikan akan kembali berkompetisi pada Selasa (3/8) besok. Biles akan bertanding dalam final balok keseimbangan (balance beam).

"Kami sangat bersemangat untuk mengonfirmasi bahwa Anda akan melihat dua atlet AS di final balok keseimbangan besok — Suni Lee DAN Simone Biles!! Tidak sabar untuk melihat kalian berdua!" demikian pernyataan USA Gymnastics.

Jade Carey selaku teman satu tim Biles pun mengungkapkan rasa bahagianya. Carey sendiri telah berhasil memenangkan medali emas dalam latihan lantai (floor excercise) pada Senin sembari disaksikan oleh Biles.

"Saya sangat bangga padanya karena mau kembali," ujar Carey. "Dia telah melalui banyak Olimpiade ini, jadi saya sangat bangga dan senang melihatnya akan bertanding di balok."


Sebagai informasi, Biles telah berpartisipasi dalam kompetisi balok keseimbangan pada 25 Juli 2021 lalu dan lolos ke babak final. Ia sebenarnya lolos ke lima final event individu, namun mengundurkan diri dari empat di antaranya. Yakni all-around, vault, latihan lantai, dan palang bertingkat (uneven bars).

Biles mengundurkan diri dari final tim pada 27 Juli usai penampilan vault-nya yang sempat goyah pada rotasi pertama. Kala itu, Biles menyaksikan dari pinggir lapangan saat tiga rekan setimnya menyelesaikan pertandingan tanpa dirinya. AS akhirnya meraih medali perak, sedangkan perwakilan Rusia memenangkan medali emas.

Biles yang dianggap sebagai pesenam terhebat sepanjang masa terus berlatih dan dievaluasi setiap hari oleh staf Senam AS usai memilih mengundurkan diri dari beberapa final. Ia juga terus mendukung teman satu timnya dari tribun kala mereka berkompetisi di final acara.

Peraih medali Olimpiade enam kali tersebut belakangan mengaku berurusan dengan isu terkait kemampuan mengorientasikan diri udara atau yang kerap disebut sebagai "twisties". Biles menjelaskan bahwa ia kehilangan kepercayaan diri untuk mengetahui apa yang akan dilakukan tubuhnya di udara.

Ini bukan pertama kalinya Biles menghadapi isu tersebut, namun ia mengaku turut menghadapi isu tersebut di palang bertingkat dan balok. Padahal sebelumnya, fenomena tersebut hanya terbatas pada latihan lantai dan vault yang memang memerlukan lebih banyak elemen memutar.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait