Atlet Senam AS Simone Biles Mundur Dari Olimpiade Tokyo 2020, Bagaimana Nasib Timnya?
Dunia

Bintang pesenam asal Amerika Serikat (AS) Simone Biles memutuskan untuk mundur dari Olimpiade Tokyo 2020. Adapun alasannya berkaitan dengan kesehatan mental.

WowKeren - Pesenam asal Amerika Serikat (AS) Simone Biles memutuskan untuk menarik diri dari kompetisi Olimpiade Tokyo 2020. Hal ini dilakukannya lantaran ingin fokus pada kesehatan mentalnya. Keputusan dari Biles ini tentunya akan berdampak pada tim senam AS.

Biles memutuskan untuk mundur usai berlaga di final beregu putri setelah rotasi vault pada Selasa (27/7) malam. Kemudian keesokan harinya, ia mengatakan bahwa dia merasa tidak nyaman berada dalam Olimpiade. Lalu, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari semua kompetisi yang berlangsung pada Kamis (29/7), dengan alasan kesehatan mental.

Setelah Biles mengundurkan diri, posisinya akan digantikan oleh Jade Carey. Carey merupakan pesenam yang berada di posisi kesembilan saat melakukan kualifikasi. Sebenarnya, Carey tidak lolos untuk mengikuti Olimpiade Tokyo 2020, karena berada di posisi ketiga Amerika Serikat. Sedangkan berdasarkan aturan Federasi Senam Internasional membatasi maksimal membawa 2 atlet saja per acara di final.

Dengan mundurnya Biles ini, AS harus mengubur harapannya untuk mempertahankan gelar yang telah diraih olehnya setelah Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Hal ini pun membuka peluang bagi atlet senam lainnya yang berada di posisi kedua untuk mengambil alih gelar juara.


Sementara itu, mundurnya Biles membawa kesedihan tersendiri bagi rekan-rekannya di tim. Rekan-rekannya itu diketahui masih mengaharapkan Biles bisa kembali ke Olimpiade untuk melanjutkan perlombaan. Bagi mereka, Biles bukan lah tipe orang yang mudah menyerah saat mendapatkan kritikan dari masyarakat.

"Dia adalah Simone karena suatu alasan," tutur Jordan Chiles rekan satu tim Biles dalam acara "NBC's Today". "Dia tidak mudah menyerah, Anda tidak akan pernah melihat Simone keluar begitu saja dan tidak melakukan apa yang dia tahu bisa dia lakukan."

Sebelumnya, Biles mendapatkan kritikan dari publik yang tersebar di sosial media terkait dengan apa yang pernah menimpa dirinya di masa silam. Dalam postingan itu menuliskan kisahnya pernah menjadi korban pelecehan seksual dari Larry Nassar.

Dalam postingan itu juga merujuk pada tekanan yang dialami Biles terkait kesehatan mental dan pandemi. "Kami tidak akan pernah tahu atau sepenuhnya memahami pilihan dan perjuangan pribadinya, dia tak pantas mendapatkan penilaian apa pun," bunyi unggahan.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru