Ibiza Cari Orang Asing Untuk Lawan Pandemi COVID-19 Dengan Berpesta, Tertarik?
Unsplash/David Švihovec
Dunia
Pandemi Virus Corona

Pejabat setempat mencari orang asing dengan usia antara 30 sampai 40 tahun untuk mengikuti pesta di Ibiza demi melawan pandemi COVID-19. Bagaimana caranya?

WowKeren - Spanyol mencari orang asing berusia antara 30 hingga 40 tahun untuk melawan pandemi COVID-19 dengan cara berpesta di Ibiza. Bagaimana bisa?

Rupanya, pejabat Spanyol di Ibiza tengah mengumpulkan pasukan dari luar negeri untuk menyusup ke pesta-pesta yang melanggar peraturan COVID-19 lokal dan melaporkannya ke pihak berwajib. Ide tersebut muncul kala Ibiza berupaya mengatasi kasus COVID-19 yang telah melonjak menjadi 1.813 kasus per 100 ribu penduduk.

Diketahui, kehidupan malam dan dunia musik di Ibiza memang telah lama menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia. Di masa pandemi ini, sebagian besar klub malam telah ditutup, kecuali tempat yang bisa mengadakan acara outdoor dimana pengunjung dapat duduk.

Selain itu, pertemuan di restoran dan bar juga dibatasi pada kelompok kecil. Pejabat setempat pun menyalahkan lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi pada pesta-pesta ilegal.


Otoritas setempat telah menerapkan serangkaian pembatasan untuk menghadapi masalah tersebut. Mulai dari larangan pertemuan antar- rumah tangga mulai pukul 01.00 hingga 06.00, hingga menerapkan denda hingga € 600 ribu (setara Rp 10,2 miliar) untuk penyelenggara pesta ilegal. Meski demikian, pesta- pesta ilegal tersebut tak kunjung berhenti.

"Ini bukan hanya masalah yang berkaitan dengan ketertiban umum, yang selalu menjadi masalah, tetapi sekarang mereka menimbulkan risiko yang jelas bagi kesehatan masyarakat," ujar seorang pejabat setempat, Mariano Juan, kepada surat kabar Diario de Ibiza. "Polisi sendiri mengatakan sulit bagi mereka untuk menyusup, seperti yang diketahui penduduk setempat. Jadi kita harus mencari bantuan dari luar."

Kebanyakan pesta ilegal ini diadakan di rumah-rumah pribadi dan dipromosikan melalui media sosial atau tempat wisata. Dengan demikian, acara tersebut dapat menarik banyak orang, termasuk turis, penduduk lokal, hingga pekerja musiman.

Hal ini telah membuat polisi kewalahan. Oleh sebab itu, pejabat lokal kini berdiskusi dengan sebuah perusahaan yang sedang mempelajari cara terbaik untuk membentuk tim yang dapat membantu polisi dalam mendeteksi pesta-pesta ilegal tersebut.

"Tidak mudah karena profil yang kami cari adalah orang asing berusia antara 30 dan 40 tahun, tetapi kami telah mengerjakannya selama dua minggu," ungkap Juan. "Saya tidak ragu bahwa (rencana) itu akan berjalan musim panas ini ... Ini adalah kebutuhan untuk menjaga situasi kesehatan di Ibiza."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts