Lampaui Target, Ini Sederet Prestasi Yang Ditoreh Atlet Indonesia Di Olimpiade Tokyo 2020
instagram/greyspolii
Nasional
Olimpiade Tokyo

Indonesia patut berbangga atas prestasi yang berhasil diraih oleh para atlet di Olimpiade Tokyo 2020. Berhasil membawa pulang 1 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu, ini sederet prestasi yang ditoreh atlet Indonesia.

WowKeren - Indonesia mulai berpartisipasi dalam ajang bergengsi dunia yaitu olimpiade sejak tahun 1952 ketika olimpiade ke-15 digelar. Sejak bergabung di ajang olimpiade, Indonesia hanya pernah absen selama dua kali. Medali pertama Indonesia berhasil didapatkan di partisipasinya ke-8 melalui cabang olahraga panahan.

Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar pada tanggal 23 Juli 2021 hingga 8 Agustus 2021 merupakan partisipasi ke-16 negara Indonesia. Di kesempatan kali ini, Indonesia mengirimkan sebanyak 28 atlet. 11 atlet cabang olahraga bulu tangkis, 2 atlet atletik, 4 atlet panahan, 1 atlet menembak, 2 atlet dayung, 5 atlet angkat besi, 1 atlet selancar, dan 2 atlet renang.


Selama Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung, Indonesia berhasil mendapatkan 1 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu dan menduduki peringkat ke-42. Perolehan ini telah melampaui target yang ditetapkan berdasarkan perolehan medali di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 sebanyak 1 emas dan 2 perak, serta berada di peringkat 46.

Apa sajakah prestasi yang didapat Indonesia di ajang olimpiade kali ini? Simak sederet prestasi yang berhasil diraih oleh para atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 berikut ini:

(wk/wahy)

1. Greysia Polii Dan Apriyani Rahayu Sumbang Emas Satu-Satunya


Greysia Polii Dan Apriyani Rahayu Sumbang Emas Satu-Satunya
instagram/greyspolii

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu merupakan perwakilan Indonesia satu-satunya yang melaju ke babak final cabang olahraga bulu tangkis. Keduanya berhasil mengalahkan wakil dari Tiongkok, Chen Qing Chen dan Jia Yi Fan, dengan perolehan skor 21-19 di gim pertama dan 21-15 di gim kedua.

Atas kemenangan ini, Greysia dan Apriyani berhasil membawa pulang medali emas pertama bagi Indonesia. Tak hanya itu, keduanya bahkan mencetak sejarah baru sebagai pemegang medali emas pertama di sektor ganda putri sepanjang keikutsertaan Indonesia di ajang olimpiade.

2. Eko Yuli Irawan Berhasil Menyabet Medali Empat Kali Berturut-Turut


Eko Yuli Irawan Berhasil Menyabet Medali Empat Kali Berturut-Turut
instagram/ekopower61

Eko Yuli Irawan adalah perwakilan Indonesia pertama yang secara konsisten berhasil mendapatkan medali sebanyak empat kali berturut-turut di olimpiade. Medali pertamanya ia dapatkan di Olimpiade Beijing 2008 yang berupa perunggu.

Kemudian, ia kembali mendapatkan perunggu di Olimpiade Inggris 2012. Di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Eko berhasil mendapatkan medali perak. Dan kali ini, Eko membawa pulang medali perak melalui cabang olahraga angkat besi di Olimpiade Tokyo 2020.

3. Windy Cantika Aisah Raih Medali Pertama Untuk Indonesia


Windy Cantika Aisah Raih Medali Pertama Untuk Indonesia
instagram/windycantika11

Atlet pertama Indonesia yang mempersembahkan medali di Olimpiade Tokyo 2020 adalah Windy Cantika Aisah yang baru berusia 19 tahun. Ia merupakan atlet angkat besi yang berhasil mendapatkan medali perunggu setelah melakukan total angkatan keseluruhan 194 kg.

Di percobaan kedua, ia mendapatkan total angkatan snatch terbaik dengan angka 84 kg. Windy juga berhasil mendapatkan total angkatan 110 kg saat clean and jerk. Total angkatan Windy berada di peringkat ketiga, di bawah wakil dari Tiongkok, Hoi Zhihui dengan 210 kg dan wakil dari India, Chanu Mirabai dengan 202 kg.

4. Si Jagoan Baru Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah Peraih Medali Perunggu


Si Jagoan Baru Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah Peraih Medali Perunggu
instagram/rhmt_e

Rahmat Erwin Abdullah menjadi sosok tak terduga yang berhasil membawa pulang medali perunggu dari cabang olahraga angkat besi. Ia mengejutkan banyak pihak setelah mendapatkan total angkatan sebanyak 342 kg, lebih tinggi 22 kg dari angka yang ditargetkan untuknya.

Olimpiade Tokyo 2020 merupakan kali pertamanya mengikuti ajang bergengsi tingkat dunia ini. Mulanya, ia hanya ditargetkan berada di 8 besar, namun secara mengejutkan Rahmat berhasil menduduki peringkat ketiga. Rahmat disebut-sebut menjadi jagoan baru Indonesia untuk meneruskan perjuangan Eko Yuli Irawan sebagai lifter andalan.

5. Anthony Ginting Cetak Rekor Baru Di Semifinal Setelah 17 Tahun


Anthony Ginting Cetak Rekor Baru Di Semifinal Setelah 17 Tahun
instagram/sinisukanthony

Anthony Sinisuka Ginting berhasil menyabet medali perunggu sekaligus mencetak rekor baru bagi Indonesia di semifinal bulu tangkis sektor tunggal putra. Ginting seolah memecah kutukan bagi atlet tunggal putra bulu tangkis Indonesia yang sudah 17 tahun lamanya selalu gagal maju ke semifinal olimpiade.

Ia berhasil mengalahkan Kevin Cordon, atlet dari Guatemala dengan perolehan skor 21-11 di gim pertama dan 21-13 di gim kedua. Perunggu yang didapatkan Ginting ini merupakan medali pertama Indonesia sejak terakhir kali didapatkan tahun 2004.

You can share this post!

Related Posts