Berakhir Hari Ini, Beredar Kabar PPKM Level 2-4 Luar Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 6 September
Twitter/TMCPoldaMetro
Nasional

PPKM Level 2-4 akan berakhir pada Senin (23/8) hari ini. Di tengah ketidakpastian soal kelanjutannya, beredar kabar PPKM di luar Jawa-Bali akan diperpanjang sampai 6 September.

WowKeren - Pemerintah menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 akan berakhir pada Senin (23/8) hari ini, baik untuk wilayah Jawa, Bali, maupun di luar keduanya. Tentu hari ini pikiran publik turut dipenuhi pertanyaan, akankah PPKM demi mengendalikan COVID-19 itu akan diperpanjang lagi?

Bila merujuk pada data setidaknya sepekan terakhir, memang mulai ada penurunan terutama dari segi angka kasus positif dan tingkat keterisian rumah sakit (BOR). Hal ini pun diamini oleh Presiden Joko Widodo yang tetap meminta seluruh pihak untuk waspada kendati penurunan kasus mulai terlihat.

"Jangan sampai ada varian baru datang karena bermutasi dan kita tidak waspada," tegas Jokowi di Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8). "Tahu-tahu meledak menjadi jumlah yang sangat banyak."

Dengan arahan seperti ini, tentu saja patut dicurigai PPKM Level 2-4 akan kembali diperpanjang. Pasalnya penurunan kasus positif memang tampak, namun juga diikuti dengan berkurangnya angka spesimen yang dites. Selain itu, angka kematian COVID-19 pun masih tergolong tinggi setiap harinya, yakni di kisaran seribuan kasus.


Malah belakangan beredar kabar bahwa PPKM Level 2-4 akan kembali diperpanjang sampai 6 September 2021. Menghimpun berbagai sumber, beberapa daerah yang konon siap memperpanjang PPKM Level 2-4 ini adalah di wilayah luar Jawa dan Bali.

Yang pertama, Sumatera Selatan, yang menyebut PPKM Level 2-4 akan diperpanjang per Selasa (24/8) besok. "Iya rencananya ada dua kota yang akan memberlakukan PPKM Level 4, tapi kami masih menunggu keputusan pusat Senin nanti," kata Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, dikutip dari Urban.id jaringan Kumparan setelah mengikuti rapat virtual soal penanganan COVID-19 pada Sabtu (21/8).

Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Danny Pomanto juga menyampaikan hal serupa. Menurut instruksi dari pemerintah pusat yang disampaikannya ke wartawan, PPKM Level 4 akan diperpanjang lagi sampai 6 September 2021 meski dengan sejumlah pelonggaran.

"Kalau berita kemarin diperpanjang, cuma menariknya relaksasi diperbesar, misalnya mal bisa buka. Jadi besok saya mau kumpulkan semua pengelola mal, kita buka tapi ada aturannya," tutur Danny pada Minggu (22/8), sebagaimana dikutip dari Tribun Makassar.

Hal senada juga disampaikan Ketua Satuan Tugas Oksigen Kalimantan Selatan, Kombes Pol Moch Noor Subchan yang membenarkan perihal rilisan Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) soal 6 daerah Kalsel yang akan memperpanjang PPKM Level 4. "(Namun) nunggu instruksi Menteri Dalam Negeri," tegasnya, dikutip dari Tribun Banjarmasin.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru