Selandia Baru Perpanjang Lagi Lockdown Usai Tambah 70 Kasus COVID-19
Dunia
Pandemi Virus Corona

Selandia Baru memperpanjang lockdown di luar Auckland sampai 31 Agustus 2021, sedangkan di Auckland sampai beberapa pekan ke depan, imbas tambahan 70 kasus COVID-19 dalam sehari.

WowKeren - Selandia Baru dikenal sebagai salah satu negara dengan berbagai pembatasan sangat ketat di tengah pandemi COVID-19. Meski demikian, belum lama ini Selandia Baru kembali menetapkan lockdown yang sedianya berlangsung hingga Jumat (27/8) waktu setempat, sedangkan khusus Auckland dilaksanakan sampai 31 Agustus 2021.

Namun kebijakan ini segera direvisi oleh pemerintahan Perdana Menteri Jacinda Ardern. Sedianya lockdown akan diperpanjang sampai pekan depan, serta khusus Auckland malah hingga beberapa minggu berikutnya, menyusul "lonjakan" kasus COVID-19 yang dikonfirmasi. Sebab pada Jumat waktu setempat, Negeri Kiwi melaporkan 70 kasus COVID-19 baru.

Mengutip news.com.au, semua yang berlokasi di selatan Auckland akan memasuki lockdown fase III per tanggal 1 September 2021. Dan kebijakan terkait lockdown ini akan dievaluasi setiap pekan oleh pemerintah.


"Kita bergerak di arah yang benar. Dan kita juga punya bukti bahwa apa yang kita lakukan bekerja dengan baik (dalam mengendalikan wabah COVID-19), namun tetap diperlukan kewaspadaan," tegas Ardern dalam siaran persnya.

"Namun sejauh ini metode pengendalian wabah paling efektif adalah (lockdown) level empat," imbuh Ardern. Sedangkan terkait kebijakan yang lebih ketat di Auckland, dijelaskan adalah karena 70 kasus baru yang dilaporkan hari ini berasal dari daerah tersebut, sedangkan total kumulatif kasus di Selandia Baru saat ini sebanyak 347.

Di bawah regulasi yang lebih ketat ini, pemerintah akan memindahkan semua pasien ke fasilitas karantina dengan pencegahan infeksi dan pengontrolan yang lebih terjaga. Selain itu mereka juga akan diminta menggunakan alat pelindung diri yang lebih lengkap supaya tidak semakin menularkan virus Corona yang diderita.

Sebagai informasi, sejak awal pandemi COVID-19 mewabah, Selandia Baru menjadi salah satu negara yang langsung mengambil kebijakan ketat. Ketika negara lain belum mengetatkan mobilitas, Selandia Baru sudah mengambil kebijakan lockdown yang ternyata efektif menekan penularan wabah sedini mungkin.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts