Pacitan Berpotensi Diterjang Tsunami 28 Meter, BMKG Minta Siapkan Skenario Terburuk
Unsplash/Ray Harrington
Nasional

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Pacitan untuk mempersiapkan skenario terburuk karena berpotensi diterjang tsunami 28 meter.

WowKeren - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memberi peringatan kepada Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, untuk mempersiapkan skenario terburuk berupa gempa dan tsunami yang berpotensi terjadi di wilayah tersebut.

Peringatan itu bertujuan untuk menghindari dan mengurangi risiko bencana gempa dan tsunami yang mengintai pesisir selatan Jawa yang diakibatkan oleh pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

Potensi tsunami tersebut diperkirakan mencapai ketinggian hingga 28 meter. Karena itulah Dwikorita meminta pemerintah daerah dan masyarakat Pacitan untuk bersiap.

"Berdasarkan hasil penelitian, wilayah Pantai Pacitan memiliki potensi tsunami setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit. Adapun tinggi genangan di darat berkisar sekitar 15-16 meter dengan potensi jarak genangan mencapai 4 - 6 kilometer dari bibir pantai," kata Dwikorita dalam keterangannya, Minggu (12/9).

Adapun skenario yang perlu disiapkan adalah berlatih melakukan evakuasi mandiri jika menerima Peringatan Dini Tsunami maksimal 5 menit setelah gempa terjadi. Dalam hal ini, mereka disarankan untuk mengungsi ke daratan yang lebih tinggi jika merasakan guncangan gempa yang besar.


Dwikorita menerangkan, "Untuk masyarakat yang berada di pantai, tidak perlu menunggu perintah, aba-aba, atau sirine. Segera lari karena waktu yang dimiliki hanya sekitar 29 menit, sedangkan jarak tempat yang aman yang lebih tinggi cukup jauh."

Dwikorita kembali menegaskan bahwa peringatan tersebut masih bersifat "potensi", yang artinya bisa terjadi, bisa juga tidak. Namun jika masyarakat giat berlatih evakuasi, jumlah korban jiwa maupun kerugian materi bisa diminimalisir.

Selain itu, skenario ini juga bertujuan untuk mempersiapkan upaya mitigasi bencana yang lebih komperehensif. Dengan begitu, masyarakat maupun pemerintah tidak terlalu kebingungan jika bencana itu benar-benar terjadi.

"Jika masyarakat terlatih maka tidak ada istilah gugup dan gagap saat bencana terjadi. Begitu gempa terjadi, baik masyarakat maupun pemerintah sudah tahu apa-apa saja yang harus dilakukan dalam waktu yang sangat terbatas tersebut," sambungnya.

Lebih lanjut, Dwikorita meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana dan prasarana khusus untuk mengevakuasi kelompok lanjut usia (lansia) dan difabel. Pemda Pacitan juga diharuskan untuk menggencarkan edukasi mengenai potensi bencana kepada masyarakat.

"Saya rasa perlu juga disiapkan semacam Tempat Evakuasi Sementara (TES) ataupun Tempat Evakuasi Akhir (TEA) sebagai tempat penampungan khusus bagi warga yang mengungsi dengan ketersediaan stok atau cadangan logistik yang memadai," tandasnya.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru