Sutradara 'Squid Game' Buka Suara Soal Tudingan Plagiat Film Jepang
Naver
TV
Popularitas Squid Game

Sejumlah komunitas online menyatakan bahwa 'Squid Game' mirip dengan film Jepang bertajuk 'As the God's Will' yang dirilis pada tahun 2014. Ada dua permainan yang mirip dari keduanya.

WowKeren - Netflix akhirnya merilis "Squid Game" pada Jumat (17/9). Serial dengan total 9 episode ini langsung ramai menyita perhatian publik. Namun begitu dirilis, netizen justru menyoroti kemiripan "Squid Game" dengan film Jepang.

Sejumlah komunitas online menyatakan bahwa "Squid Game" mirip dengan film Jepang bertajuk "As the God's Will" yang dirilis pada tahun 2014. Secara khusus, kecurigaan semakin dalam mulai dari episode perdana ketika karakter dibawa untuk memainkan game pertama.

Pada game pertama di "Squid Game", para peserta dibawa untuk memainkan game Mugunghwa Flower has Bloomed, yang merupakan game bermain anak versi Korea, "Jam berapa, Pak Serigala?". Namun seeker adalah boneka yang tampak menyeramkan yang akan menembak setiap kontestan yang ditangkapnya.

"As the God's Will" juga memiliki boneka yang tampak menakutkan dengan memainkan permainan yang sama di mana setiap siswa yang tertangkap basah akan dibunuh. Selain itu, netizen juga menyoroti permainan tug-of-war serupa di dalam kedua proyek itu.


Kecurigaan plagiat ini sebenarnya sudah muncul sejak teaser "Squid Game" dirilis. Sutradara Hwang Dong Hyuk pun telah buka suara terkait hal ini dalam jumpa pers pada 15 September lalu. Ia menjelaskan bagaimana proses "Squid Game" pertama kali ditulis hingga diproduksi.

"Setelah syuting karya debutku pada tahun 2008, aku pergi ke banyak toko buku manga dan manhwa. Aku melihat banyak kisah bertahan hidup jadi kupikir akan menarik jika genre ini diciptakan kembali dengan cara Korea," ungkap sutradara Hwang Dong Hyuk.

"Aku menyelesaikan naskah pada 2009 tetapi aku diberitahu bahwa itu tidak akan berhasil karena ceritanya kejam dan genrenya tidak dikenal oleh publik pada saat itu. Aku tidak bisa mendapatkan investasi atau casting karena proyeknya sulit untuk dimengerti. Jadi aku berhenti mempersiapkannya," lanjut sutradara Hwang Dong Hyuk.

"Ketika kami sedang syuting, aku mendengar bahwa itu mirip dengan 'As the Gods Will.' Tapi game pertama adalah game Mugunghwa Flower has Bloomed sejak aku menulis naskah pada tahun 2009. Itu adalah satu-satunya kesamaan yang kebetulan dan tidak ada hubungannya dengan film itu. Aku tidak menyalin siapa pun. Aku sebenarnya akan menjadi yang pertama sejak menulis itu dulu," pungkas sutradara Hwang Dong Hyuk.

(wk/amal)

You can share this post!

Related Posts