30 Tahun Dewa 19 Berdiri, Ahmad Dhani Umumkan Rencana Besar Konser di Berbagai Daerah
Instagram/ahmaddhaniofficial
Musik

Ahmad Dhani mengungkap rencana besar yang bakal digelar Dewa 19 untuk memperingati momen 30 tahun berdiri. Ahmad Dhani yakin rencana tersebut bisa terselenggara jika kondisi pandemi makin membaik.

WowKeren - Dewa 19 merupakan salah satu grup band senior Tanah Air yang sukses mempertahankan karier dan eksistensinya hingga kini. Tak terasa, sudah 30 tahun lamanya Dewa 19 mewarnai belantika musik Indonesia. Di momen p30 tahun berkarya, Dewa 19 pun sudah mempersiapkan rencana besar.

Ahmad Dhani sebagai pentolan Dewa 19 mengungkap punya hajat besar dalam memperingati tiga dekade berdirinya band asal Surabaya tersebut. Bila aturan penyelenggaraan acara di tengah pandemi Covid-19 mulai longgar, Ahmad Dhani mengungkap rencana Dewa 19 untuk menggelar tur 30 kota di Indonesia pada tahun depan.

"Seumpama pandemi ini selesai, kita confident akan melakukan tour 30 kota, karena 30 tahun dirgahayu Dewa 19," kata Ahmad Dhani di chsnnrl YouTube Eventori.id pada Senin (27/9) kemarin.

Ahmad Dhani juga turut mengungkap masalah sistem pendanaan konser yang cukup unik. Ahmad Dhani rupanya ingin melibatkan para investor di setiap kota untuk menggelar konser.


"Jadi misalnya orang Medan mau terlibat, orang Pekanbaru, Palembang, orang Makassar, orang Bali mau terlibat. Yuk, bareng-bareng melaksanakan tur Dewa 19 di 30 kota. Di samping ini menuju menyongsong 30 tahun Dewa 19," papar ayah Dul Jaelani tersebut.

Ahmad Dhani mengibaratkan sistem pendanaan ini seperti crowdfunding atau urun dana. "Bukan go public ya," tegasnya.

Sementara itu, belakangan ini Dewa 19 diketahui kerap melakukan kolaborasi dengan para penyanyi dan musisi lintas generasi hingga genre. Menurut Ahmad Dhani, hal tersebut jadi bagian usahanya untuk merapikan arsip. Mereka yang berkolaborasi dengan Dewa 19 di antaranya ada Burgerkill, NTRL, Pamungkas, Danilla Riyadi, dan masih banyak lagi.

Seperti diketahui, Dewa 19 dibentuk Ahmad Dhani di Surabaya pada 1987 silam. Tapi pada 1992, band tersebut baru merilis album pertamanya bertajuk Dewa 19.

Band ini masih memiliki personel awal, yakni Ahmad Dhani dan Andra. Selain mereka, Dewa 19 kini dihuni Agung Yudha (drum) dan Yuke Sampurna (bass).

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts