Kasus Terus Turun, Indeks Pemulihan COVID-19 Indonesia Disebut Jadi Yang Tertinggi Di Asia Tenggara
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Tren penurunan COVID-19 di Indonesia saat ini tampaknya membuahkan hasil. Atas kasus aktif yang terus menurun itu, Indonesia berhasil mencapai posisi tertinggi di Asia Tenggara dalam indeks pemulihan COVID-19.

WowKeren - Perkembangan COVID-19 di Indonesia saat ini diketahui telah menunjukkan hasil perubahan yang baik. Seperti yang diketahui, selama beberapa waktu belakangan ini, kasus COVID-19 di Indonesia telah mengalami perbaikan dan tren penurunan.

Hal ini juga dibuktikkan dengan sebuah pencapaian dengan melesatnya posisi RI dalam Indeks Pemulihan COVID-19 Nikkei (Nikkei COVID-19 Recovery Index). Adapun posisi Indonesia saat ini beradai di urutan ke-54.

Indeks ini mengurutkan skor dari negara dan wilayah dunia dalam situasi pemulihan COVID-19 yang terjadi di masing-masing daerah. Sementara Nikkei Asia melakukan asesmen pada sektor manajemen infeksi, program vaksinasi, serta mobilitas sosial negara-negara.

Sementara itu, semakin tinggi ranking suatu negara, menandakan bahwa semakin dekat juga mereka menuju pemulihan dari COVID-19. Tentunya dengan indikator pendukung seperti tingkat infeksi yang rendah, tingkat vaksinasi lebih tinggi, dan aturan jarak sosial yang lebih longgar.


Di sisi lain, Nikkei Asia telah melakukan penilaian pada 121 negara di dunia. Berdasarkan indeks per 30 Septemberb 2021, Indonesia diketahui menduduki ranking 54 dengan total skor 54,5. Adapun posisi ini naik dari sebelumnya, yakni ranking 92 dalam indeks per 31 Agustus.

Adapun sejumlah negara yang juga menduduki posisi ke 54 bersama Indonesia adalah Yordania, Meksiko, dan Korea Selatan. Di antara negara Asia Tenggara yang juga masuk ke dalam penilaian indeks tersebut, Indonesia menempati posisi pertama.

Posisi indeks pemulihan COVID-19 di antara negara Asia Tenggara, posisi pertama diduduki oleh Indonesia, kemudian posisi kedua diisi dengan Singapura, kemudian peringkat ketiga berhasil diraih oleh Kamboja. Tak hanya itu, ranking Indonesia ini juga melebihi peringkat Inggris yang berada di posisi 69 dengan skor 49,5 dan Amerika Serikat (AS) dengan ranking 70 memiliki skor 49.

Meski tertinggi se-Asia Tenggara, posisi Indonesia masih jauh dibandingkan dengan India. India saat ini telah berhasil menduduki posisi ke 49 dengan skor 57,5.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts