Vaksin Merah Putih Yang Dikembangkan Unair Disebut Bakal Digunakan Sebagai Booster Pada 2022
Nasional

Indonesia saat ini tengah mengembangkan vaksin COVID-19 lokal. Salah satunya adalah vaksin Merah Putih yang saat ini tengah dikembangkan oleh Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

WowKeren - Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih terus berupaya untuk bisa memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19 bagi masyarakat. Selain itu, pemerintah juga tengah berupaya untuk menghasilkan vaksin COVID-19 buatan lokal.

Sebelumnya, pemerintah juga telah mengembangkan vaksin lokal yakni Merah Putih. Adapun perkembangan mengenai Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) ini disebut bakal menjadi sebagai suntikan dosis ketiga atau booster pada 2022 mendatang.

Mengenai vaksin Merah Putih yang disebut digunakan sebagai booster itu disampaikan oleh Rektor Unair, Mohammad Nasih. Ia menyebutkan bahwa rencana penggunaan vaksin Merah Putih sebagai booster ini juga telah disampaikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada pihaknya.

"Kemenkes sudah memberikan komitmen untuk bisa menggunakan ini (vaksin Merah Putih) nantinya untuk proses vaksinasi atau mungkin untuk booster," ungkap Nasih kepada awak media, Jumat (15/10).


Lebih lanjut, Nasih menuturkan bahwa nantinya vaksin yang dikembangkan oleh Unair itu akan diberikan secara gratis kepada kelompok masyarakat kurang mampu. Sedangkan untuk masyarakat yang mampu, akan dikenakan biaya.

Nasih menambahkan saat ini Unair sendiri telah menyelesaikan uji praklinis tahap II. Hasil laporan dari uji praklinis tahap II itu nantinya akan diserahkan oleh tim peneliti kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dievaluasi. Setelah dievaluasi, pihaknya baru akan mendapatkan rekomendasi dan izin terkait pelaksanaan uji klinis vaksin.

Jika izin sudah diberikan oleh BPOM, kata Nasih, maka uji klinis vaksin Merah Putih rencananya dilakukan di RSUD dr Soetomo Surabaya. Ia menyebut bahwa pihaknya sudah tanda tangan kontrak dengan RSUD dr Soetomo untuk mempersiapkan seluruh kebutuhan saat uji klinis.

Meski demikian, Nasih mengungkapkan bahwa pihaknya belum mengetahui kapan pastinya pelaksanaan uji klinis vaksin Merah Putih bisa dilakukan. Ia hanya bisa memastikan bahwa uji klinis akan dilakukan sebelum tahun depan.

"Semua kami serahkan ke kawan-kawan di Soetomo, untuk rekrutmen relawan, pelaporan, dan lainnya," tandas Nasih. "Insyaallah enggak sampai tahun depan."

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait