Italia Terapkan Kebijakan Baru COVID-19, Para Pekerja Gelar Aksi Demo
Dunia

Pemerintah Italia menerapkan kebijakan baru mengenai COVID-19 untuk para pekerja. Akan tetapi, para pekerja tidak setuju dan menggelar aksi protes atau demonstrasi.

WowKeren - Pandemi COVID-19 hingga saat ini masih menjadi permasalahan yang dihadapi oleh setiap negara di dunia. Salah satu negara yang hingga saat ini masih terus berjuang melawan COVID-19 adalah Italia.

Pada Jumat (15/10), para pengunjuk rasa berkumpul di pelabuhan Italia saat negara itu bersiap menghadapi ganguan yang meluas atas persyaratan virus COVID-19 baru bagi pekerja. Sekitar 300 orang diketahui memblokir pintu masuk ke pelabuhan Genoa di barat laut, sehingga menyebabkan penundaan dalam apa yang dikhawatirkan menjadi awal dari hari blokasi dan demonstrasi.

Melansir today online, ratusan orang juga melakukan aksi demonstrasi di oelabuhan Trieste, pusat utama di timur laut, tetapi Kepala Daerah Massimiliano Fedriga bersikeras "pelabuhan itu berfungsi". Mulai hari ini, seluruh pekerja diminta untuk menunjukkan "Green Pass sebagai bukti telah melaksanakan vaksinasi COVID-19, dan jyga hasil tes yang menunjukkan negatif atau dinyatakan tidak hadir tanpa dibayar.


Lebih dari 86 persen orang Italia yang berusia di atas 12 tahun telah menerima suntikan vaksin COVID-19, satu dosis. Sehingga secara tidak langsung, memenuhi syarat tersebut. Akan tetapi, di lain sisi, masih ada pekerja yang belum juga divaksinasi.

Ada sekitar 3 juta pekerja yang diperkirakan belum divaksin COVID-19, dan sebagian besarhanya akan dapat bekerja jika mereka membayar untuk tes mereka sendiri setiap 48 atau 72 jam bergantung pada jenisnya. Ivano Russo selaku Direktur Jenderal Kelompok Perdagangan Confetra mengatakan bahwa dari total 900 ribu yang terdiri dari pengemudi truk, kurir, dan staf gedung yang dipekerjakan oleh anggota lobinya banyak yang tidak memiliki sertifikat vaksin COVID-19.

Kepada AFP, Russo mengaku ada sekitar 25-30 persen karyawannya yang tidak memiliki sertifikat vaksin COVID-19. Sementara itu, pekerja yang ada di dok Trieste mengancam akan mogok kerja tanpa batas waktu yang ditentukan, meski ditawari tes COVID-19.

Di Genoa, aksi protes berlangsung damai pada Jumat (15/10) pagi waktu setempat. Akibat adanya aksi protes ini menyebabkan beberapa pengemudi truk melaporkan penundaan.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait