Pelancong Internasional yang Terima Vaksin COVID-19 Dosis Campuran Bakal Diizinkan Masuk AS
Dunia

Sebelumnya, Gedung Putih telah menyatakan bahwa persyaratan vaksin baru untuk warga negara asing (WNA) yang bepergian ke AS akan mulai diterapkan 8 November 2021 mendatang.

WowKeren - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan akan menerima pelancong internasional yang menerima vaksin COVID-19 dosis campuran. Keputusan yang diumumkan pada Jumat (15/10) tersebut diharapkan dapat mendorong pelancong dari Kanada dan negara lain yang memberikan vaksinasi dosis campuran.

"Meski CDC tidak merekomendasikan pencampuran jenis vaksin dalam seri primer, kami menyadari bahwa ini semakin umum di negara lain sehingga harus diterima untuk interpretasi catatan vaksin," tutur juru bicara CDC dilansir Malay Mail.

Sebelumnya, Gedung Putih telah menyatakan bahwa persyaratan vaksin baru untuk WNA yang bepergian ke AS akan mulai diterapkan 8 November 2021. Aturan ini berlaku baik bagi pengunjung yang melintasi perbatasan darat serta pelancong udara internasional.

Anggota DPR AS Brian Higgins lantas bertanya kepada CDC apakah mereka akan menerima dosis vaksin campuran. Menurut Higgins, hampir 4 juta orang Kanada yang setara dengan 10 persen populasi telah divaksinasi penuh dengan dosis campuran.


CDC lantas menyatakan bahwa vaksin COVID-19 yang telah mendapat persetujuan Badan Obat-Obatan dan Makanan AS (FDA)dan diizinkan oleh WHO akan diterima masuk ke AS. Termasuk Vaksin AstraZeneca yang banyak digunakan warga Kanada.

"Individu yang memiliki kombinasi dua dosis dari seri dua dosis Covid-19 yang disetujui / disahkan FDA atau penggunaan darurat WHO yang terdaftar dianggap sepenuhnya divaksinasi," jelas CDC.

AS sendiri dikabarkan akan kembali membuka perbatasan daratnya untuk perjalanan non-esensial mulai bulan depan. Diketahui, AS telah membatasi perjalanan kendaraan, kereta api dan feri antara negaranya dengan Kanada dan Meksiko hanya untuk perjalanan esensial sejak awal pandemi COVID-19.

Meksiko dan Kanada telah menekan AS selama berbulan-bulan untuk melonggarkan pembatasan perjalanan yang telah memisahkan keluarga dan membatasi perjalanan liburan sejak awal pandemi tersebut. Pemerintah AS sendiri bulan lalu telah mengumumkan akan mengakhiri larangan penerbangan internasional berdasarkan negara, dan hanya akan mewajibkan vaksinasi untuk WNA yang akan masuk lewat jalur udara.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru