CJ E&M Akan Jadi Pemilik Baru SM Entertainment untuk Lawan Kolaborasi Naver-HYBE-YG?
Selebriti

CJ E&M dilaporkan dalam negosiasi eksklusif dengan produser Lee Soo Man. Namun, meskipun CJ E&M dan SM tidak menyangkal apapun, mereka tetap 'tidak tahu apa yang akan terjadi.'

WowKeren - Isu terbesar industri hiburan tahun ini adalah pilihan SM Entertainment di pasar merger dan akuisisi. Kakao disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk akuisisi tersebut, dan baru-baru ini CJ E&M diketahui sedang dalam negosiasi eksklusif, menarik perhatian besar pada bagaimana hasilnya akan berubah.

Menurut industri hiburan pada 17 Oktober, CJ E&M saat ini sedang bernegosiasi dengan Lee Soo Man, pemegang saham terbesar SM (18,72% saham), untuk mengakuisisi sahamnya. Beberapa media bahkan telah melaporkan bahwa "CJ E&M akan membagi sektor musik menjadi anak perusahaan dan bergabung dengan SM" dan "Direktur – Produser Lee ingin mengelola perusahaan terintegrasi".

Namun, meskipun CJ E&M dan SM tidak menyangkal apapun, mereka tetap "tidak tahu apa yang akan terjadi." Analis mengatakan harga akuisisi akan menjadi sekitar 600 miliar won, mengingat kapitalisasi pasar SM (1,82 triliun won pada harga penutupan pada 15 Oktober) dan premi manajemen.

Pada paruh pertama tahun ini, seiring berkembangnya platform fandom dan konten K-pop tempat para idol dan penggemar dapat berkomunikasi satu sama lain, penggabungan industri hiburan, teknologi informasi (TI), dan penyiaran secara aktif dilakukan. Pada bulan Maret, platform fandom HYBE, Weverse, yang menaungi BTS (Bangtan Boys), layanan video langsung K-pop Naver V-LIVE, dan YG Entertainment, yang menaungi BLACKPINK (Black Pink, memutuskan untuk berintegrasi, membentuk aliansi besar "Naver-HYBE-YG".

Weverse telah muncul sebagai platform yang kuat yang dapat mengamankan lebih dari 200 juta pelanggan dengan memiliki semua artis peringkat pertama hingga keempat dalam jumlah subscriber YouTube (Justin Bieber, Ariana Grande, BTS, dan BLACKPINK). Akibatnya, kesadaran pesaing akan krisis meningkat. Sumber industri mengatakan bahwa produser Lee telah memilih waktu yang tepat untuk meningkatkan volatilitas pasar.


CJ E&M Akan Jadi Pemilik Baru SM Entertainment untuk Lawan Kolaborasi Naver-HYBE-YG?

Source: Kbizoom

HYBE dan Naver juga mempertimbangkan untuk mengakuisisi SM, tetapi dilaporkan bahwa produser Lee Soo Man bukanlah target yang disukai untuk negosiasi mereka. Akuisisi HYBE di industri yang sama adalah sesuatu yang tidak diperbolehkan oleh "agensi idol asli" SM Entertainment, dan beberapa orang mengatakan bahwa Naver telah bergandengan tangan dengan HYBE, menciptakan tujuan emosional untuk SM.

Ketika SM pertama kali dijual, Kakao dilaporkan secara aktif mempertimbangkan akuisisi tersebut. Kakao bersaing dengan Naver untuk konten seperti webtoon dan novel web di luar negeri, melihat akuisisi ini sebagai peluang untuk melengkapi sektor K-pop mereka, yang dianggap relatif lebih rendah dibandingkan dengan saingannya.

SM mengelola grup idol dengan fandom yang kental seperti EXO, NCT, Red Velvet, dan aespa. SM juga mengoperasikan platform fandom "Bubble" bersama dengan JYP Entertainment, memungkinkan pembentukan konfrontasi antara "Naver-HYBE-YG" dan "Kakao-SM-JYP." Namun, persyaratan akuisisi kedua belah pihak tidak terpenuhi, dan Kakao tampaknya telah mengundurkan diri dari perlombaan akuisisi karena meningkatnya kritik dan suasana peraturan atas ekspansi gaya gurita Kakao baru-baru ini.

Ada juga rumor di industri bahwa Wakil Ketua Grup CJ Lee Mi Kyung dan Produser Lee Soo Man telah bertemu. Beberapa analis mengatakan bahwa jika CJ E&M mengambil alih, sinergi bisa terjadi. CJ E&M memiliki 16 saluran, termasuk tvN dan Mnet, dan bahkan perusahaan manajemen besar dalam layanan video online seperti TVing. SM juga dapat memberikan lebih banyak kesempatan kepada selebritinya melalui CJ E&M dan memainkan peran utama di sektor musik setelah merger. Dimungkinkan juga bagi mereka untuk memperkuat kerjasama dengan platform fandom "Universe" yang dibuat bersama oleh NCsoft dan CJ E&M melawan Weverse milik HYBE.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts