Sinetron 'Dari Jendela SMP' Dituduh Melakukan Plagiasi Serial 'Squid Game'
Instagram/ darijendelasmp.sctv
TV

Sinetron 'Dari Jendela SMP' mendadak disebut melakukan plagiasi terhadap serial drama 'Squid Game'. Namun mereka menamai permainan tersebut dengan 'Dolanan Game'.

WowKeren - Belum lama ini sinetron "Dari Jendela SMP" (DJS) SCTV menjadi sorotan dan perbincangan publik. Pasalnya sinetron tersebut dianggap melakukan plagiat atau menirukan serial drama "Squid Game".

Pada episode DJS yang tayang 22 Oktober 2021, diceritakan anak-anak melakukan sebuah permainan. Mereka menamai permainan tersebut sebagai "Dolanan Game".

Tampak di sana para peserta memakai jaket dan training berwarna hijau. Lantas mereka juga meletakkan nomor di bagian dada masing-masing yang dibuat dari kertas. Kemudian petugas dari "Dolanan Game" memakai topeng besar.

Sedangkan di "Squid Game", semua petugas memakai topeng dengan gambar segitiga, kotak, dan bulat, tergantung jabatan. Pemimpin utama jalananya permainan "Squid Game" yang disebut front man, juga memakai topeng hitam.

Tak hanya itu, gambar bagan yang ditampilkan untuk pemain yang tereliminasi juga disebut mirip "Squid Game". Kemiripan terlihat pada bagan foto para peserta beserta nomornya ditunjukkan di bagan kotak, dan akan menjadi warna hitam jika tereliminasi.


Potret gambar bagan inilah yang kemudian akhirnya menjadi perbincangan di media sosial Twitter. Unsur jaket, topeng dan bagan tersebut ramai disebut-sebut meniru serial drama "Squit Game".

Sinetron \'Dari Jendela SMP\' Dituduh Melakukan Plagiasi Serial \'Squid Game\'

Twitter

Selain itu, "Dolanan Game" juga terinspirasi dengan mainan anak-anak di Indonesia. Yang mana para peserta harus memilih antara kepala, pundak, lutut atau kaki. Lantas permainan yang dimainkan adalah lompat tali.

Sehingga mereka yang memilih kepala harus lompat lebih tinggi dan yang memilih pundak melompat di tengah-tengah, dan kaki paling rendah. Sementara "Squid Game" juga memainkan permainan anak-anak di Korea yaitu Green Light Red Light, permen dalgona, tarik tambang, dan lain-lain.

Lantas dari sisi hadiah, pemenang "Dolanan Game" akan mendapatkan hadiah uang sebesar 500 ribu dikali dengan jumlah peserta. Sedangkan "Suid Game" juga menerapkan pembagian hadiah serupa namun nilainya 1 juta Won.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru