Untuk Pertama Kalinya, Paus Fransiskus Tunjuk Wanita Jadi Sekjen Kegubernuran Vatikan
Pxfuel
Dunia

Menurut National Catholic Reporter, posisi Sekretaris Jenderal di kegubernuran Vatikan yang kini dijabat oleh Suster Raffaella Petrini tersebut biasanya dipegang oleh seorang uskup.

WowKeren - Paus Fransiskus menunjuk Suster Raffaella Petrini sebagai Sekretaris Jenderal baru di kegubernuran Vatikan. Ini merupakan pertama kalinya seorang wanita dipercaya memegang posisi tersebut. Menurut National Catholic Reporter, posisi Sekjen biasanya dipegang oleh seorang uskup.

Sebagai kepala kegubernuran, Petrini bertugas untuk mengawasi operasi administratif seperti museum Vatikan, kantor pos dan polisi. Jabatan ini sekaligus membuat Petrini menjadi wanita dengan posisi tertinggi di Vatikan.

Petrini sendiri merupakan penduduk asli Roma dan telah mengabdi di Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa sejak tahun 2005. Ia menerima gelar ilmu politik dari Libera Università Internazionale degli Studi Social Guido Carli dan PhD dari Universitas Kepausan St. Thomas Aquinas.

Penunjukan biarawati berusia 52 tahun tersebut sebanding dengan menjadi Wakil Gubernur negara bagian. Kegubernuran yang berbasis di sebuah istana besar di tengah Kota Vatikan tersebut mengawasi lebih dari 2.000 karyawan. Selain mengangkat Petrini, Paus Fransiskus juga menunjuk pengacara Giuseppe Puglisi-Alibrandi sebagai Wakil Sekjen Kegubernuran Vatikan.


Sebelumnya, Paus Fransiskus telah menyatakan keinginannya agar wanita memainkan peran yang lebih besar di dalam Gereja Katolik. Menurut Sang Paus, wanita telah memberikan "kontribusi berharga" kepada gereja.

Pada bulan Januari, Paus Fransiskus telah mengubah aturan gereja dan mengizinkan wanita menjadi pembaca liturgi, pelayan altar, membantu selama kebaktian dan mengelola komuni. Meski demikian, wanita di banyak negara telah mengambil peran tersebut bahkan sebelum aturan baru tersebut diresmikan Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus juga sempat menunjuk Nathalie Becquart sebagai wakil sekretaris sinode para uskup. Ini menjadikan Becquart wanita pertama yang memegang jabatan tersebut.

Wanita Prancis tersebut adalah salah satu dari dua wakil menteri baru yang ditunjuk untuk sinode. Sinode adalah badan uskup yang mempelajari pertanyaan-pertanyaan besar tentang doktrin. Menurut Sekjen sinode, Kardinal Mario Grech, penunjukkan Becquart menandakan keinginan Paus "untuk partisipasi yang lebih besar dari wanita dalam proses penegasan dan pengambilan keputusan di gereja".

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait